Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

RW 10, Kelurahan Karang Sari Juara Satu Lomba P2WKSS Provinsi Banten

Piala dan hadiah yang diterima oleh Camat dan 
Lurah  Karang Sari setelah menyabet juara satu. 
(Foto: Istimewa)  

NET - Kelurahan Karangsari, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang, meraih juara satu pada lomba Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) pada peringatan Hari Ibu Ke-93 tingkat Provinsi Banten, Rabu (15/12/2021).

Camat Neglasari Sanny Soniawan menjelaskan diraihnya juara satu pada lomba P2WKSS tingkat Provinsi Banten karena berbagai macam inovasi yang dihadirkan oleh Pemkot Tangerang bersama 100 Kartu Keluarga (KK) binaan di RW 10, Kelurahan Karangsari, Kecamatan Neglasari.

“Saat tim verifikator datang, mereka melihat inovasi yang kami bentuk bersama. Mulai dari ‘Sekolah Perempuan’ mewujudkan ‘Harapan’ dan ‘Cita-cita’ atau yang kami singkat sekoper harta. Ada juga angkringan cinta yakni program ini mengajak para wanita untuk melakukan skrining organ kewanitaannya,”papar Sanny.

“Selain itu, kami juga bentuk kader cilik yang berpatroli di lingkungan sekitar agar kebersihan tetap terjaga. Di sini juga ada taman baca yang terdapat kantin kejujuran. Serta Bapak-bapak juga kami buatkan program yaitu ‘Bank Asik’ yakni para bapak membantu istrinya dalam rangka memberi ASI (Air Susu Ibu) eksklusif. Sehingga tidak hanya ibu-ibunya aja yang punya program tetapi bapaknya anakanya semua kami buatkan program,” ucap Sanny.

Hadirnya berbagai inovasi di RW 10, tentunya berkat pembinaan yang diberikan langsung oleh Organisasi Perangkar Daerah (OPD) dan pemangku kepentingan terkait di lingkup Pemkot Tangerang. Mulai dari Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) oleh FKTS, baca tulis dan hitung oleh Dinas Pendidikan hingga peningkatan ekonomi dengan pelatihan produk bahan pangan lokal oleh DP3AP2KB

“Seluruh dinas yang ada di Kota Tangerang terjun langsung membantu kami, agar program P2WKSS ini berjalan dengan baik. Seperti Dinas Ketahanan Pangan (DKP) tentang Kelompok Wanita Tani (KWT), Disnaker pelatihan barista dan Dinas Lingkungan Hidup juga tentang bagaimana pengelolaan sampah,” ujar Sanny.

Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Neglasari Hastuti Handayani pun berharap agar para wanita di Kelurahan Karang Sari bisa terus produktif dengan bekal ilmu yang diberikan pada saat pembinaan kampung P2WKSS.

“Semoga penghargaan ini tidak sebatas seremonial saja. Kalo dilihat dari saat lomba tingkat kota sampai provinsi grafik masyarakat di sini semakin baik. Ada yang sudah mulai berjualan di status whatsapp ada juga yang baru berani jualan di lingkungan sekitar. Semoga ini bisa jadi energi baru dalam peningkatan ekonomi warga RW 10,” tuturnya.

Selain itu, untuk memastikan program P2WKSS berjalan dengan baik, TP PKK kecamatan dan kelurahan pun terus melalukan monitoring di wilayah RW 10, Kelurahan Karangsari, Kecamatan Neglasari.

“Didukung dan didampingi Tim Penggerak PKK Kota Tangerang kami selalu melakukan monitoring, sehingga program yang telah berjalan bisa semakin maksimal dan berkelanjutan,” pungkas dia. (*/pur)

 

Post a Comment

0 Comments