Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Komputer Data Vaksin Di Puskesmas Banjarsari Akan Dicuri, Digagalkan Polisi

Ipda Irwan Nova menjelaskan kepada 
wartawan tentang pencurian tersebut dan 
di belakang berkaos oange tersangka MI. 
(Foto: Istimewa) 


NET - Polisi menggagalkan pencurian komputer dari Puskesmas Banjarsari, Kota Serang, yang digunakan untuk mendata vaksinasi, Jumat (27/11/2021) malam. Seorang pelaku, MI langsung ditangkap sedangkan dua orang lainnya melarikan diri.

Kanit Reskrim Polsek Cipocok Ipda Irwan Nova, Rabu (1/12/2021) mengatakan kejadian berawal saat petugas keamanan berpatroli di sekitar Puskesmas. Saat masuk ke dalam ruangan, penjaga Puskesmas  melihat ada tiga orang yang sedang mencuri komputer, kemudian melaporkannya ke petugas Polsek Cipocok.

"Petugas mendapatkan laporan dari petugas keamanan di Puskesmas, mengenai pencurian dengan pemberatan," ujar Ipda Irwan Nova kepada wartawan di kantornya.

Irwan Nova mengatakan satu pelaku berhasil ditangkap berinisial MI, dua lainnya, SN dan SY masih dalam pengejaran petugas. Identitas pelaku dan kendaraan yang digunakan sudah diketahui petugas.

Saat melancarkan aksinya, kata Irwan Nova, para pelaku memecahkan kaca Puskesmas. Kemudian MI masuk ke ruang komputer di lantai dua. Pelaku lainnya, SN dan SY menunggu komputer di lantai satu, yang dikirim oleh MI menggunakan tali yang sudah disiapkan.

"Pelaku MI dalam keterangannya, memang sebelumnya pernah mencuri dan baru beberapa bulan ke luar dari penjara," terangnya.

Atas perbuatan pencurian tersebut, tersangka dijerat dengan Pasal 363 KUHP dengan ancaman penjara 7 tahun.

Kapolres Serang Kota AKBP Maruli Ahiles Hutapea mengimbau masyarakat untuk terus bersama-sama meningkatkan keamanan dan melapor ke polisi terdekat, jika menemukan tindak kejahatan.

"Mari bergotong royong menjaga keamanan bersama. Jika menemukan kejahatan, segera lapor ke polisi terdekat," ucap AKBP Maruli Ahiles Hutapea, Rabu (1/12/2021).

Tercatat ada sekitar 11 ribu data masyarakat yang sudah divaksin, berada di komputer tersebut. Beruntung data tersebut tidak disalahgunakan oleh para pelaku.

"Saya selaku Kepala Puskesmas mengucapkan terima kasih ke Polsek Cipocok yang cepat ke lokasi menangkap pelaku," kata Kepala Puskesmas Banjarsari dokter Yulina, Rabu (1/12/2021).

Menurut Yulina, empat komputer yang akan dicuri pelaku berisikan data vaksin masyarakat hingga laporan Puskesmas. Karena keperluan kerja dan melanjutkan vaksinasi untuk terciptanya herd immunity, komputer itu dipinjam pakai oleh Puskesmas.

"Komputer yang gagal dicuri, sementara mau saya pinjam pakai dahulu. Oleh karena dibutuhkan untuk pelayanan di Puskesmas dan jika dibutuhkan siap dibawa ke persidangan," jelasnya. (*/pur)

Post a Comment

0 Comments