Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Kawasan Industri KIIC Raih Penghargaan “Smart Industrial Estate” Kementerian Perindustrian

Direktur KIIC Sanny Iskandar hadir menerima 
penghargaan dari Kementerian Perindustrian. 
(Foto: Istimewa)  


NET - Karawang International Industrial City (KIIC), Jawa Barat, meraih penghargaan Special Indonesia Industry 4.0 Readiness Index (INDI 4.0) Awards dalam kategori Smart Industrial Estate dri Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin).

Direktur KIIC Sanny Iskandar, Jumat (10/12/2021) mengucapkan terima kasih atas apresiasi dan penghargaan yang diberikan oleh Kemenperin untuk KIIC. “Penghargaan ini menjadi bukti nyata bahwa pandemi Covid-19 tidak menghalangi upaya dan kemampuan perusahaan dalam menunjukkan peningkatan produktivitas, efisiensi, dan kapasitas melalui transformasi industri 4.0,” ucap Sanny.

Sejak 2016, kata Sanny, kawasan industri KIIC telah mengurangi pemakaian bahan fosil agar lebih ramah lingkungan. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk komitmen perusahaan sebagai Smart Industrial Estate.

Menurut Sanny, KIIC telah melewati proses seleksi dan verifikasi yang ketat dari Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) Kementerian Perindustrian.

“Proses verifikasi tersebut meliputi pemaparan proyek-proyek transformasi industri 4.0 yang telah diterapkan di KIIC hingga capaian dan keuntungan yang diperoleh dari penggunaan teknologi tersebut bagi perusahaan, baik dari segi cost efficiency, saving time serta peningkatan produktivitas karyawan tanpa adanya pengurangan dalam service level kepada para tenant,” tutur Sanny Iskandar.

Sanny menyebutkan KIIC merupakan proyek joint venture antara Sinar Mas Land dengan ITOCHU Corporation dari Jepang dan telah bekerja sama selama 30 tahun untuk mengembangkan kawasan industri di Karawang.

Snny mengatakan penghargaan diserahkan pada Kamis (2/12/2021) secara hybrid di Gedung Kementerian Perindustrian. Pelaksanaan acara INDI 4.0 merupakan agenda tahunan Kemenperin yang dilaksanakan sejak 2019. Penghargaan tersebut diberikan kepada perusahaan/perorangan yang memberikan kontribusi positif terhadap percepatan implementasi program Making Indonesia 4.0 di Indonesia dengan kategori Service/Technology Provider, Digital Transformation Manager, Smart Industrial Estate, dan Industrial Internet of Things Start-up.

Ada pun kawasan industri berkelas internasional ini, kata Sanny, didukung dengan lokasi yang strategis dan dapat diakses langsung dari Pintu Tol Karawang Barat 2. KIIC memiliki infrastruktur dan fasilitas yang sangat komprehensif guna mendukung keberlangsungan investasi salah satunya adalah tersedianya fasilitas Environmental Laboratory yang dapat melakukan uji sampel air limbah para tenant.

KIIC dikembangkan dengan konsep kawasan industri yang menggabungkan kegiatan industri manufaktur dan fasilitas yang terkait langsung dengan industri (rental warehouse, rental factory dan office, hingga commercial area) di mana kegiatan tersebut tidak bercampur dengan pengembangan area permukiman. (*/rls)

 

Post a Comment

0 Comments