Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pemkab Tangerang Gelar Vaksinasi 700 Penderita Kanker

Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji dan 
Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar bersama
warga setelah mengikuti vaksinasi Covid-19. 
(Foto: S. Bahri/TangerangNet.Com)  




 

NET - Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji mengapresiasi vaksinasi Penderita Komorbid (Kanker) dan umum di The Springs Club Summarecon, Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang, Minggu (8/8/2021).

Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji saat menghadiri pelaksanaan vaksiansi mengatakan secara keseluruhan ada 1.300 peserta yang mendaftar secara online. Dari jumlah itu 700 peserta merupakan pasien komorbid dengan berbagai penyakit bawaan seperti kanker.

"Ini sesuatu yang luar biasa, karena pagi ini di Kabupaten Tangerang sebanyak 700 orang  adalah pasien kanker (komorbid) yang berani datang ke sini untuk divaksin Covid-19," ujar Mulyo Aji.

Menurut Pangdan Jaya, antusiasme kehadiran pasien komorbid kali ini memang cukup besar dibanding pelaksanaan di lokasi lain seperti yang rutin berlangsung di Rumah Sakit Kanker Dharmais, Jakarta.

Sementara itu, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Isknadar mengucapkan terima kasih atas kerja sama Kodam Jaya, Pemerintah Kabupaten Tangerang, Kodim 0510/Tigaraksa, Perhimpunan Ahli Bedah Onkologi Indonesia (Peraboi), Kementerian Kesehatan, Yayasan Kanker Indonesia, serta Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI).

"Saya ucapkan terima kasih telah memberikan vaksinasi kepada pasien penyintas kanker. Ini merupakan kolaborasi yang baik termasuk dengan Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Kabupaten Tangerang. Sekali lagi, kami ucapkan terima kasih atas kerjasama yang baik ini. Semoga ke depan program vaksinasi tidak hanya penderita/penyintas kanker tetapi juga  penyakit lainnya,” ucap Bupati.

Sementara itu, Ketua Peraboi Walta Gautama menjelaskan vaksinasi bagi komorbid khususnya pasien kanker sangat penting dilakukan. Sebab risiko kematian akibat terpapar Covid meningkat hingga 6 kali lipat bagi pasien kanker.

"Apabila pasien normal terkena Covid, itu angka kematiannya kira-kira 4 sampai 5 persen. Tapi, pada pasien kanker, data di luar negeri kurang lebih 26 persen," jelasnya. (bah)

 

 

Post a Comment

0 Comments