Juara Bertahan Portugal Tumbang 1-0 Oleh Timnas Belgia

Baca Juga

Timnas Belgia meluapkan kegembiraan 
atas kemenangan dari Portugal. 
(Foto: Istimewa)  



NET - Timnas peringkat satu dunia Belgia berhasil mengkandaskan keinginan juara bertahan Piala Eropa 2016 timnas Portugal, setelah dalam duel babak 16 besar Euro 2020 yang sangat ketat dan seru berhasil menundukkan timnas Portugal dengan skor tipis 1-0 pada Senin (28/6/2021) dini hari.

Gol tunggal timnas Belgia disarangkan oleh Thorgan Hazard pada menit ke-42 melalui tendangan kerasnya dari luar kotak finalti. Kedua tim bermain cukup seimbang, tapi kali ini timnas Portugal harus mengakui keunggulan timnas Belgia.

Dan dengan kemenangan ini melengkapi hasil baik dari timnas nomor rengking pertama di dunia tersebut dengan total empat kemenangan beruntun di turnamen benua Biru putaran final Euro 2020 ini. Dan dengan kemennagan atas Portugas tersebut, maka timnas Belgia akan bertemu dengan tim kuat lainnya yaitu timnas Italia dalam babak perempat final yang akan digelar di negara Jerman. Sementara juara bertahan timnas Portugal harus rela pulang lebih cepat ke negaranya.

Sejak pluit babak pertama ditiup, para pemain timnas Portugal langsung menggempur barisan pertahanan timnas Belgia, dan pada menit ke-menit babak pertama, timnas Portugal membuat peluang pertama melalui Jota pada menit ke-6, tapi sepakannya masih melebar. Dan hingga menit ke-20 babak pertama, belum tercipta peluang berbahaya dan menciptakan gol dari kedua tim yang saling bergantian melancarkan serangan ke gawang lawan dan tempo pertandingan berjalan cukup cepat.

Pada menit ke-25, mega bintang timnas Portugal Cristiano Ronaldo mendapatkan kesempatan tendangan bebas. Sepakannya keras, tapi masih bisa ditepis oleh kiper timnas Belgia Courtois. Dan bola liar tersebut coba disambut Palhinha, namun kembali dapat ditepis oleh kiper Courtois lagi.

Pada menit ke-37, Meunier mengancam gawang timnas Portugal Patricio usai bekerja sama dengan De Bruyne. Namun sayang sepakannya masih terlalu lemah. Dan pada menit ke-42, timnas Belgia akhirnya membuka keunggulan. Rapatnya barisan pertahanan timnas Portugal memaksa pemain timnas Belgia Thorgan Hazard melepaskan tendangan keras dan melengkung ke sudut kanan atas gawang timnas Portugal, yang menyebabkan penjaga gawang Patricio gagal menyelamatkan gawangnya dari kebobolan, skor berubah 1-0 untuk timnas Belgia.

Dan babak kedua dimulai pertandingan berjalan dengan tempo tinggi yang sama. Timnas Portugal mencoba terus menggempur pertahanan melawan, namun serangan timnas Portugas selalau dapat dipatahkan oleh timnas Belgia.

Dan pada menit ke-61, timnas Portugal mengepung pertahanan Belgia dalam situasi bola mati. Felix berhasil melepas tembakan, tapi tembakannya mudah dihentikan Courtois.

Dan pada menit ke-70, Portugal membuat sejumlah pergantian pemain untuk mencoba memecah pertahanan Belgia. Sayangnya belum juga ada perubahan serangan dari timnas Portugal, striker Cristiano  Ronaldo masih sulit untuk mendapatkan suplai bola dari rekan-rekannya.

Dan memasuki 10 menit terakhir, timnas Belgia mengubah gaya permainan mereka menjadi sangat defensif. Timnas Belgia tampak semakin nyaman memainkan bola di wilayah sendiri. Dan pada menit ke-83, Guerreiro mendapatkan peluang terbaik timnas Portugal, namun sepakan kerasnya dari sisi kanan gawang Belgia masih membentur tiang. Dan hingga babak kedua berakhir skor tidak berubah, 1-0 untuk kemenangan timnas Belgia dan berhak maju ke babak perempat final untuk menghadapi timnas Italia. (btl)

Post a Comment

0 Comments