PC Muhammadiyah Tangsel Sumbangkan 50 Persen Dana Infaq Sholat Ied Untuk Palestina

Baca Juga

Pengurus PC Muhammadiyah Serut 
Tangsel dan panitia pelaksana Sholat Ied. 
(Foto: Bambang TR/TangerangNet.Com)  




NET - Sesungguhnya pelaksanaan sholat Idul Fitri yang dilakukan pada saat ini merupakan bentuk rasa syukur umat kepada Alloh SWT, setelah selama satu bulan penuh melaksanakan ibadah shaum (puasa) yang dilakukan pada bulan suci Ramadhan merupakan sebuah proses Tarbiyah, yaitu proses pendidikan yang berkelanjutan dan berkesinmbungan bagi orang-orang yang beriman.

Pelaksanaan ibadah shaum bulan Ramadhan 1442 Hijriah kali ini dilakukan dalam suasana keprihatinan global dunia yaitu dengan adanya pandemi Covid-19 yang saat ini masih terjadi, dan ditambah oleh keprihatinan dunia atas terjadinya agresi brutal negara zionis yahudi Israel atas bangsa dan rakyat Palestina.

Hal tersebut disampaikan oleh Dr H MS Kaban selaku khotib sholat Idul Fitri yang diselenggarakan oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Serpong Utara (Serut) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) pada Kamis (13/5/2021).  Sholat Ied dilaksanakan di halaman parkir Giant BSD, Serpong dengan standar Protokol kesehatan (Prokes).  Sedangkan yang bertindak sebagai imam sholat Idul Fitri tersebut adalah Ustadz H Lukman Hakim dengan tema "Idul Fitri Membentuk Pribadi Muslim Berintegritas dan Berkemajuan".

MS Kaban mengatakan sesungguhnya orang yang paling mulia di sisi Alloh SWT adalah orang yang paling Bertaqwa. Sesungguhnya jika penduduk negeri-negeri di muka bumi itu beriman dan bertaqwa kepada Alloh SWT maka Alloh SWT akan memberikan keberkahan dan kenikmatan dari langit dan bumi. Namun jika mereka malah mendustakannya maka siksa dan balasan yang amat pedihlah akan akan menimpa mereka.

MS Kaban juga menegaskan Alloh SWT sangat membenci kepada orang yang lain perkataan dan perbuatannya (munafik) alias tidak jujur dan amanah, karena kejujuran dan amanah itu adalah sumber kebaikan dan sumber kekayaan.

"Jika dalam pelaksanaan ibadah haji itu ada disebut haji yang mabrur, maka dalam ibadah puasa itu akan terukur dan kelihatan apakah puasa ramadhan yang kita lakukan selama sebulan itu diterima atau tidak kelihatan dari sikap dan perilaku kita dalam kehidupan sehari-hari. Yaitu menjadi manusia yang sabar, menjadi makin bertaqwa, dan juga makin menjadi manusia yang dermawan yang suka menolong orang lain yang dalam kesulitan dan tidak menjadi bakhil (pelit). Karena sesungguhnya Alloh itu lebih suka kepada hamba-Nya yang sedikit ilmunya tapi dia dermawan dari pada yang ahli ibadah tetapi dia bakhil alias Pelit," tutur Kaban.

MS Kaban juga mengecam keberutalan yang dilakukan oleh bangsa dan negara zionis Israel beberapa hari ini kepada rakyat dan bangsa Palestina. Kepada umat muslim dunia untuk bersabar,  akan tetapi sabar bukan dalam arti diam saja dan tidak melakukan perlawanan. Contohnya bagaimana bangsa Indonesia dengan kesabarannya yang luar biasa dijajah oleh bangsa lain selama 350 tahun. Namun dengan kesabaran dan perjuangannya akhirnya bisa merdeka dari penjajahan.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Ketua PCM Muhammadiyah Serut Hery Kustanto mengajak kepada warga Persyarikatan Muhammadiyah PCM Serpong Utara untuk bersyukur kepada Alloh SWT, karena hingga hari ini masih dilindungi oleh Alloh SWT dari wabah virus corona. Sebagai informasi bahwa sholat Idul Fitri yang diselenggarakan oleh PCM Serut merupakan yang pertama kali.

"Sholat Idul Fitri ini merupakan yang pertama kali diadakan oleh PCM Serut, karena sebelumnya PCM Serut sudah beberapa kali hanya menggelar sholat Idul Adha di tempat ini. Baru pertama kali diadakan oleh PCM Serut,” ucap Hery Kustanto.

Saat ini, kata Kustanto, sedang terjadi tragedi kemanusiaan di masjid Al Aqsha yang dilakukan oleh negara zionis yahudi Israel kepada bangsa dan rakyat Palestina. Untuk itu, PCM Muhammadiyah Serut telah memutuskan akan memberikan 50 persen hasil infaq dan sodaqoh dari para jamaah sholat Idul Fitri ini untuk disumbangkan kepada bangsa Palestina sebagai bentuk solidaritas warga Persyarikatan Muhammadiyah kepada perjuangan bangsa Palestina melawan bangsa penjajah dan pencaplok tanah bangsa Palestina yaitu zionis yahudi Israel.

Hery Kustanto mengatakan dana infaq yang terkumpul dari hasil kencleng jamaah sholat Idul Fitri adalah sebesar Rp 22 juta. 

"Syukur alhamdulillah, semangat berinfaq warga Muhammadiyah PCM Serpong Utara dan sekitarnya pada hari ini sangat tinggi. Dan sesuai rencana kita bersama, maka 50 persen penerimaan infaq ini akan kita berikan untuk saudara-saudara kita di Palestina dalam melawan kebrutalan dan kebengisan zionis israel," pungkas Hery Kustanto yang disambut oleh para jamaah dengan pekik Takbir.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua PCM Muhammadiyah Serpong Utara Dr H Hery Kustanto, Bendahara Umum PDM Muhammadiyah Provinsi Banten Dr H Agus Wahyudi, Dr H Johari Chaniago Bendahara PDM Muhammadiyah Kota Tangsel, H Achmad Wahyu - Bendahara PCM Serut, H Nanang Yulianto - Ketua Panitia sholat Idul Fitri PCM Serut serta beberapa tokoh dan aktivis masjid BSD seperti, Dr H Martha Bachtiar, Ustadz H Syawal, Ir H Eko Yuliadi, Presidium FMMB BSD Ustadz H Ajid Bangun serta tokoh dan aktivis muda masjid BSD Mas Nico. (btl)

Post a Comment

0 Comments