Hadapi Perubahan Iklim, Pemkot Tangerang Bentuk 115 Kampung Iklim

Baca Juga

Kepala LH Tihar Sopian dan jajaran menyimak 
ucapan Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah. 
(Foto: Istimewa)  



NET - Meningkatkan partisipasi masyarakat, dalam pengelolaan lingkungan hidup, serta upaya mitigasi dan adaptasi, akibat dampak perubahan iklim. Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menyelenggarakan sosialisasi Program Kampung  Iklim (Proklim), tingkat Kota Tangerang, melalui meeting online, Kamis (15/4/2021).

Dalam sosialisasi ini, DLH menghadirkan pembicara dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia. Diikuti para peserta, mulai dari camat, lurah hingga 115 calon inisiator Kampung Iklim di Kota Tangerang.

“Dalam sosialisasi kali ini, Pemerintah Kota Tangerang bersama seluruh inisiator menyamakan persepsi, untuk mengimplementasikan indikator Kampung Iklim, menciptakan Kota Tangerang yang bersih, hijau dan asri. Sehingga, tujuan dari Kampung Iklim bisa sama-sama kita capai,” ungkap Tihar Sopian, Kepala DLH Kota Tangerang, usai membuka sosialisasi.

Tihar menuturkan untuk tahun ini, DLH akan membentuk atau menambah 115 Kampung Iklim untuk melengkapai 125 kampung iklim yang sudah ada. DLH akan mengirim, 12 kampung iklim, di Kota Tangerang, untuk mengikuti lomba kampung iklim tingkat nasional.

Selain itu, Tihar menjelaskan melalui kegiatan ini peserta dapat meningkatkan pemahaman mengenai perubahan iklim, dan dampak yang ditimbulkannya. Sehingga, Tihar berharap seluruh calon inisiator dapat terdorong untuk melaksanakan aksi nyata yang dapat memperkuat, ketahanan masyarakat, untuk menghadapi perubahan ikim. Serta memberikan kontribusi terhadap upaya, pengurangan efek gas rumah kaca.

“Program Kampung Iklim sudah membawa banyak perubahan untuk Kota Tangerang. Terutama, mengurangi potensi banjir. Maka, saya harap masyarakat bisa memperkuat indikator Kampung Iklim, mulai dari membuat lubang biopori, banyak menanam pohon, pemahaman air, pemahaman lahan perkarangan, hingga pengelolaan sampah. Sehingga Kota Tangerang kian hijau dan berprestasi,” jelas Tihar.

Walikota Tangerang H. Arief R. Wismansyah yang membuka mengatakan kegiatan ini bertujuan menyampaikan komitmen Pemkot Tangerang dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup serta meningkatkan pemahaman terkait perubahan iklim dan dampak yang ditimbulkan.

"Program kampung iklim merupakan program dari Kementerian LHK. Kampung Iklim dirasa sangat sesuai dengan perubahan iklim yang terjadi akhir -akhir ini di beberapa kota," ujar Walikota. (*/pur)

Post a Comment

0 Comments