Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Cegah Lonjakan Covid-19 Di Tempat Wisata, Gubernur: Segera Atur Dan Kendalikan

Gubernur Banten H. Wahidin Halim (kanan)  
sedang berdialog dengan Forkopimda.  
(Foto: Istimewa) 



NET - Gubernur Banten H. Wahidin Halim (WH) segera koordinasi dengan bupati dan walikota untuk bangun kesepahaman terkait Kebijakan Peniadaan Mudik Lebaran Idul Fitri 1442H/2021M dan tetap dibukanya tempat wisata.

Hal itu diungkapkan Gubernur saat Rapat dengan Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy dan Forkopimda Provinsi Banten usai bersama-sama mengikuti Pengarahan Presiden Republik Indonesia Kepada Kepala Daerah Se-Indonesia Tahun 2021 secara virtual dari Pendopo Gubernur Banten, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP-3B) Curug Kota Serang (Rabu, 28/4/2021).

Menurut Gubernur, mudik dilarang tapi wisata dibuka. Namun masih bisa dibatasi pada lokasi dan titik tertentu. "Tempat wisata yang sudah dikelola oleh perusahaan, bisa diatur protokol kesehatannya," ungkapnya.

Kalau ada mudik, kata Gubernur, sekitar 60 persen warga melakukan aktivitas mudik menuju daerah tujuan. Lingkungan menjadi sepi. Kini dengan adanya kebijakan Peniadaan Mudik Lebaran Idul Fitri 1442 H/2021 M dan Tetap Dibukanya Tempat Wisata, perlu diantisipasi pengaturan dan pengendaliannya.

"Untuk itu, saya harap Bupati dan Walikota segera mengaturnya dan siapkan kendali yang tepat dan efektif, mengingat lebaran sudah semakin dekat," tutur Gubernur

Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto mengungkapkan Polda Banten akan melakukan penyekatan pada 18 titik lokasi. Sementara itu dengan tetap dibukanya tempat wisata, pihaknya sudah berkoordinasi dengan para Bupati dan Walikota. Polda Banten akan konsentrasi penuh pada 13, 14, dan 15 Mei yang merupakan hari libur.

Hal senada juga diungkap oleh Danrem 064/Maulana Yusuf Brigjen Gumuruh Winardjatmiko. Menurutnya, untuk di tempat tertutup bisa dikendalikan. Sementara untuk tempat wisata terbuka ditutup saja.

Sementara itu, Kajati Banten Asep Nana Mulyana menyarankan perlunya ada kesepakatan bersama atau seluruh pihak sehingga ada keseragaman kebijakan di Provinsi Banten terkait Peniadaan Mudik Lebaran Idul Fitri 1442 H/2021 M dan Tetap Dibukanya Tempat Wisata.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo melakukan Pengarahan Kepada Kepala Daerah se-Indonesia Tahun 2021. Pengarahan mendekati Idul Fitri 1442 H/2021 M ini ditujukan kepada jajaran Forkopimda tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia.

Presiden menekankan kepada para kepala daerah dan jajaran Forkopimda untuk tetap hati-hati dan mewaspadai Covid-19. Hal itu berkaca pada kasus di India di mana pada Oktober, Nopember, dan Desember 2020 berhasil melandaikan kurva penyebaran Covid-19 melalui pembatasan aktivitas skala mikro.

"Namun kini terjadi kenaikan kasus hingga 340 ribu kasus per hari," ungkap Presiden.  

"Ini yang kita harus hati-hati, sekecil apapun angkanya, waspada, ikuti perkembangannya, dan amati untuk segera ditekan," ujarnya.

Terkait aktivitas mudik, Presiden mengungkapkan setelah sosialisasi Peniadaan Mudik Lebaran Idul Fitri 1442 H/2021 M hingga kini masih ada sekitar 18 juta yang masih ingin mudik. Pada situasi normal, sekitar 89 juta orang melakukan aktivitas mudik.

"Hati-hati dengan mudik lebaran. Sampaikan protokol kesehatan dengan ketat, tidak sekadar sekat sana, sekat sini," ungkap Presiden.

Presiden menginstruksikan untuk menyegerakan penyuntikan vaksin Covid-19 kepada kelompok prioritas ketika vaksin sudah datang.

Dalam kesempatan itu, Presiden menyampaikan arah pemulihan ekonomi nasional sudah baik. Hal itu ditunjukkan dengan laju pertumbuhan ekonomi pada April - Mei 2021 mencapai 7 persen. Hal ini juga didukung oleh meningkatnya angka konsumsi listrik, impor barang modal, indeks kepercayaan konsumen, serta indek penjualan retail.

Guna mendorong pertumbuhan ekonomi, Presiden menginstruksikan Pemerintah Daerah untuk mempercepat belanja modal serta mempermudah perijinan investasi. Kunci pertumbuhan perekonomian pada investasi. Hanya mengandalkan APBN dan APBD, pertumbuhan ekonomi  tidak signifikan.

Turut hadir: Ketua DPRD Andra Soni, Dangrup 1 Kopassus Kolonel Inf. Ketut Mertha Gunarda, Sekda Al Muktabar, Asda I Septo Kalnadi, Asda II M Yusuf, serta Asda III Samsir. (*/pur)

 

Post a Comment

0 Comments