Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pemkot Cilegon Tertarik Pengolahan Sampah Sistem Maggot Kota Tangerang

Sekda Kota Tangerang Herman Suwarman 
menerima cindera mata dari Wakil Walikota 
Cilegon Sanuji Pentamarta. 
(Foto: Istimewa)  



NET - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menerima kunjungan dari Pemerintah Kota Cilegon guna alih pengetahuan serta pengalaman antar-aparatur Pemerintah terkait pengelolaan sampah dan kebersihan kota.

Kunjungan kerja tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Walikota Cilegon Sanuji Pentamarta dan Sekretaris Daerah (Sekda) Maman Mauludin yang diterima oleh Sekda Kota Tangerang Herman Suwarman didampingi oleh Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Ahmad Budi Wahyudi di Ruang Akhlakul Karimah, Gedung Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Jalan Satria Sudirman, Senin (29/3/2021).

Sekda memaparkan Kota Tangerang memiliki jumlah penduduk sebanyak 1.834.962 jiwa, dan menghasilkan 1.846 ton sampah rata - rata perhari.

"Dalam pengolahan sampah tersebut, kami mempunyai bank sampah, TPS3R dan TPS (Tempat Pembuangan Sampah-red), sampah tersebut akan dipilah terlebih dahulu mana yang bisa diolah dan didaur ulang sisanya dikirim ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir-red)," terang Herman.

Selain itu, Sekda mengungkapkan Pemkot Tangerang juga sejak 2020 telah melakukan Biokonfersi sampah melalui maggot atau atau larva lalat tentara hitam atau Black Soldier Fly (BSF) yang bisa mengurangi sampah organik.

"Maggot ini sedang kami manfaatkan karena mampu membantu pengurai atau mendaur ulang sampah organik," ungkapnya.

Wakil Walikota Cilegon Sanuji Pentamarta menyampaikan apresiasi dengan apa yang telah dilakukan Pemkot Tangerang dalam pengolahan sampah, terutama tertarik dengan teknik pengolahan sampah menggunakan maggot yang telah dilakukan oleh Pemkot Tangerang.

"Selanjutnya kami akan melakukan komunikasi lebih intens dengan Pemkot Tangerang terkait ketertarikan kami dalam membudidayakan maggot untuk pengolahan sampah," tukas Sanuji. (*/pur)

 

 

Post a Comment

0 Comments