Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Wartawan Kabupaten Tangerang 20 Orang Disuntik Vaksin Covid-19

Sangki Wahyudin saat divaksin. 
(Foto: Istimewa)  



 

NET - Sekitar 20 wartawan di Kabupaten Tangerang disuntik vaksin Covid-19 di Gedung Serba Guna (GSG) Kabupaten Tangerang di Tigaraksa, Sabtu (27/2/2021).

Vaksinisasi tahap pertama untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari virus corona itu beberapa diikuti pewarta anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tangerang.

Ketua PWI Kabupaten Tangerang Sangki Wahyudin menjadi salah satu penerima vaksin dan menceritakan pengalaman disuntik vaksin dosis pertama tersebut.

"Alhamdulilah hari ini, kami sudah disuntik vaksin Covid-19 dosis pertama. Sama seperti jenis vaksin lainnya, terasa biasa saja, tidak ada efek samping," ungkap Sangki.

Menurut Sangki, proses vaksinisasi itu berlangsung empat tahap. Pertama, pandataan peserta. Pada tahap ini, petugas memasukkan data diri peserta ke dalam sistem, sehingga penerima vaksin datanya terekam dalam sistem yang terintegrasi di Kementerian Kesehatan. Data tersebut berupa Nomor Induk Kewarganegaan (NIK), nama lengkap, alamat, dan profesi hingga nomor ponsel.

Kemudian, kata Sangki, peserta memasuki tahap observasi. Pada tahap ini, petugas memeriksa kondisi kesehatan peserta. Pemeriksaan dilakukan dengan memeriksa tekanan darah, dan mengajukan beberapa pertanyaan.

Selanjutnya, dilakukan penyuntikan vaksin sinovac. Setelah disuntik, peserta menuju meja keempat. Di sini, peserta diberikan pengarahan agar menyampaikan ke petugas jika ada keluhan setelah disuntik, selanjutnta diminta beristirahat selama 30 menit.

Setelah 30 menit berlalu, peserta kembali ke meja keempat untuk melaporkan waktu istirahat telah selesai, petugas kemudian memberikan kartu vaksinisasi dan menyampaikan jika ada keluhan tertentu sebelum vaksinisasi tahap dua, peserta dapat menghubungi nomor yang tertera dalam kartu tersebut. Vaksinisasi tahap dua untuk peserta hari ini 15 Maret 2021.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Tangerang yang telah memprioritaskan insan pers sebagai penerima vaksin ini. Sebab diketahui, wartawan adalah profesi yang juga rawan mudah terpapar virus corona dan salah satu garda terdepan penanggulangan penyebaran covid-19," ucap Sangki.

Selain itu, Sangki mengimbau wartawan di Kabupaten Tangerang yang belum mengikuti untuk segera berkomunikasi dengan pihak terkait, sehingga segera divaksinisasi.

Sementara itu, Odi Fitriadi – wartawan Banten Pos setelah mengikuti proses penyuntikan vaksin tertawa-tawa mesem. “Yah, aman-aman saja, Bang” ucap Odi sembari tersenyum. (*/rls)

Post a Comment

0 Comments