Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Gubernur WH: Solusi Cegah Banjir Tangerang Normalisasi Sungai Kali Angke

Gubernur Banten H. Wahidin Halim.  
(Foto: Istimewa)  


NET - Gubernur Banten H. Wahidin Halim (WH) mengungkapkan yang perlu dilakukan untuk mencegah banjir di Tangerang Raya adalah normalisasi Sungai Kali Angke.

Hal itu diungkapkan Gubernur dari Ruang Rapat Rumah Dinas Gubernur Banten Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 158, Kota Serang dalam telekonferensi Rakor Penanganan Bencana Banjir di DKI Jakarta, Provinsi Jawa Barat (Jabar) dan Provinsi Banten yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Dikatakan, untuk wilayah Provinsi Banten, di Tangerang Raya terdapat 55 kelurahan terkena banjir. Sebagian daerah banjir adalah langanan banjir setiap tahun, yaitu di Periuk dan Total Persada karena posisinya di bawah sungai.

"Penanganannya sudah kita lakukan dengan memasang pompa. Namun kalau hujan besar di hulu kita tidak bisa mencegah. Pernah kita tawarkan relokasi, namun masyarakat menolak dengan alasan sudah betah," ucap Wahidin Halim mantan Walikota Tangerang itu.

"Yang perlu dilakukan ke depan, bagaimana menormalisasi Sungai Kali Angke karena kontribusinya cukup besar untuk terulangnya banjir lagi. Kami juga sedang melakukan normalisasi situ-situ," tutur Gubernur.

Rapat diikuti oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Sekda Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsatmaja, Kepala Badan Meteorologi Kimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati, KASUM TNI, serta Asisten Operasi Kapolri. (*/pur)

 

Post a Comment

0 Comments