Dukung Vaksinasi, Tenaga Kesehatan Disiapkan Sebagai Tracer dan Vaksinator

Baca Juga

Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto 
saat memeriksa kesiapan personel. 
(Foto: Istimewa)  




NET - Apel kesiapan Bhabinkamtibmas dan tenaga medis sebagai Tracer dan vaksinator Covid-19 dilaksanakan di halaman kantor Polda Banten di Jalan Syech Nawawi Albantani, Koa Serang, Kamis (11/2/2021).

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dalam amanatnya dibacakan oleh Kapolda Banten Irjen Rudy Heriyanto menyampaikan seluruh komponen bangsa harus menjalankan protokol kesehatan di manapun dan kapan pun.

Menurutnya, optimisme masyarakat harus terus dijaga dengan upaya pemerintah melakukan percepatan penanganan Covid-19.

“Saat ini, kita harus sukseskan program vaksinasi nasional dengan diiringi konsistensi penegakan terhadap protokol kesehatan dan tegas tentunya dengan tetap upaya mewujudkan pemulihan ekonomi nasional,” ujarnya.

Berdasarkan data Polri yang diterima, kata Kapolri, Indonesia memiliki sebanyak 19,5 juta vaksin yang sudah dititipkan ke dinas kesehatan di tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota.

“Oleh karena itu, saya perintahkan kepada seluruh jajaran Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk terus melakukan pengawalan dan pengamanan pada saat pendistribusian penyimpanan maupun nantinya saat vaksinasi tersebut diberikan kepada masyarakat Indonesia,” tuturnya.

Untuk itu, Polri telah menyiapkan 13.500 personil, serta ada sebanyak 900 tenaga kesehatan yang telah dilatih untuk menjadi vaksinator oleh Kementerian Kesehatan, dan 12.600 personil lainnya dalam waktu dekat akan diberikan pelatihan serupa.

“Selain hal tersebut juga sudah menyiapkan 40.336 personil Bhabinkamtibmas yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia yang sudah disahkan untuk bertindak sebagai langkah deteksi dini dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19. Hal ini sebagaimana arahan Bapak Presiden Republik Indonesia,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolda Banten Irjen Rudy Heriyanto menyebut apel itu dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.

“Ini bukti bahwa Polri mendukung penuh program yang dicanangkan pemerintah dalam rangka penanganan Covid-19,” katanya.

Rudy Heriyanto menyebutkan ada 607 petugas yang akan diterjunkan di seluruh Provinsi Banten, untuk mendukung vaksinasi Covid-19. Nantinya, personil kepolisian juga akan ditemani dengan unsur kesatuan TNI. (*/pur)                                                           

 

Post a comment

0 Comments