Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Semua Pelabuhan Berjalan Normal Selama Masa Libur Akhir Tahun

Aktifitas pelabuhan tanpa hari libur. 
(Foto: Istimewa) 



NET - PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)/IPC menjamin aktivitas dan operasional di semua pelabuhan yang dikelola berjalan normal selama masa libur dan cuti bersama akhir tahun. Sebagai bagian dari mata rantai logistik, IPC memastikan arus ke luar masuk barang di pelabuhan tidak akan terganggu.

Sekretaris Perusahaan IPC Ari Santoso mengatakan manajemen IPC sudah mengantisipasi ini jauh-jauh hari. Operasional di lapangan tidak akan terpengaruh musim libur dan cuti bersama akhir tahun.

"Pemerintah memutuskan untuk mengurangi jumlah hari libur akhir tahun sebanyak tiga hari yaitu pada 28, 29, dan 30 Desember. Seluruh aparatur pemerintahan, termasuk pegawai ASN (Aparatur Sipil Negara) dan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) beraktivitas seperti biasa," ujar Ari, Rabu (23/12/2020).

Pengurangan libur ini sekaligus menjadi jeda libur panjang Natal dan Tahun Baru.  Operasional di semua pelabuhan yang dikelola IPC sudah memadukan aktivitas tenaga manusia dengan perangkat digital. Melalui digitalisasi, IPC secara bertahap mengurangi ketergantungan tenaga manusia untuk operasional di pelabuhan, mulai dari ruang kendali (control tower), aktivitas di terminal atau dermaga, hingga pengawasan barang saat keluar pelabuhan. 

"Bahkan untuk tracking atau pelacakan pergerakan barang, terutama petikemas, IPC sudah menggunakan aplikasi berbasis teknologi informasi. Digitalisasi membuat pengawasan atas pergerakan barang lebih mudah dan cepat. Sebagian penerapan teknologi berbasis IT sudah digunakan bersama konsumen. Misalnya untuk booking layanan dan pembayaran. Semuanya sudah ada opsi cashless dan tidak ada pertemuan tatap muka," ujarnya.

Sementara itu, Ari mengatakan IPC juga mensyaratkan dokumen hasil rapid test antibodi maupun antigen dengan hasil negatif kepada setiap calon penumpang yang akan melakukan perjalanan ke luar atau masuk Jakarta dengan menggunakan moda transportasi laut lewat Terminal Penumpang di seluruh Pelabuhan yang dikelola IPC. 

"Semua penumpang yang akan naik maupun turun dari kapal dicek kesehatannya. Petugas di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok akan meminta penumpang menunjukkan hasil rapid test antibodi atau antigen untuk memastikan bahwa penumpang tidak terpapar Covid-19," ungkap Ari.

IPC sudah menyiapkan tempat pemeriksaan berikut ruang isolasi di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok. Untuk pemeriksaan lanjutannya akan dilakukan oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

"IPC berkepentingan memperkecil risiko penyebaran Covid-19 di pelabuhan dan kapal laut, terutama menjelang musim libur akhir tahun, di mana biasanya terjadi lonjakan penumpang," tandas Ari. (dade)

Post a Comment

0 Comments