Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Penjiplak Merk Dagang Akan Dilaporkan Ke Polisi

Promosi "d slim fat" melalui artis cantik.
(Foto: Istimewa)



NET-   Dewi Wulan, pemilik merk “d slim fat” asli merasa dirugikan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab terkait penjiplakan merk dagang dalam waktu dekat akan dilaporkan ke Polisi.

Dewi Wulan seorang entrepreneur muda yang tengah naik daun karena berhasil menciptakan suplement diet yang laris di pasaran beromset miliaran rupiah. Dan bahkan sering memakai artis terkenal untuk memasarkan produktnya justru dimamfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

"Sebenarnya, saya pun tidak pernah berekspetasi terlalu tinggi kalau produk yang saya jual ini bisa berkembang pesat. Tapi ya, namanya kita mau memulai sebuah bisnis. Mau tidak mau saya urus segala prosesnya , mulai perizininan BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan-red), Hak Paten, dan mendirikan perusahaan kecil (CV) dan lain-lain. Awalnya  iseng-iseng coba suplement diet untuk saya pribadi ternyata cocok. Akhirnya, saya memutuskan untuk menjual. Tapi sebelum dijual, saya pun sudah harus mengurus semua prosesnya," ujar Dewi Wulan kepada wartawan, Selasa (6/7/2020).

Disebutkan, antisipasi danya penjiplakan merk memang ada manakala usahan sudah maju. Namun itu sudah ada jurus pemumngkasnya.  "Makanya, saya siapkan dulu power sebelum ‘d slim fat’ dikenal banyak orang, ternyata benar. Saat saya sudah bisa mengambil pasar masyarakat untuk menyukai produk saya yakni (d slim fat) penipu - penipu atau penjiplak mrek mulai muncul. D Slim Fat merek hak cipta diambil dari inisial nama saya pribadi (D = Dewi ) dari yang awalnya followers saya masih sedikit sampai sekarang sudah banyak," jelasnya.

Dewi membuka  usaha dari  nol, dan  dua tahun lalu masih kerja menjadi pegawai di Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) sampai pada akhirnya memutuskan untuk beralih menjadi seorang entrepreneur. "Tiga bulan terakhir ini Merk DW yang saya miliki di jiplak orang yang  tidak bertanggung jawab. Saya tahunya saat itu pegawai saya yang info kalau ada salah satu customers salah membeli d slim fat palsu.

“Yang dipalsukan mulai kemasan, logo, dan embel-embelnya sama. Tapi kapsulnya beda. Bukan cuma customer yang dirugikan, saya pun ikut dirugikan. Dari mulai instagram @dslimfat.official (yang jelas-jelas instagram official asli) dikira menjual produk mahal, dikira ambil untung banyak. Padahal jelas-jelas kami yang punya merk tersebut," ucapnya.

Dewi menjelaskan yang dijual adalah produk original semua artis (brand ambassador) yang biasa mempromosikan pun tau kalau memang ‘dslimfat’ ini punya Dewi Wulan selaku owner dari CV Dewi Arthatama Mandiri. "Selama saya memulai kontrak/kerjasama, artis untuk bintang iklan juga menanyakan kejelasan dan kebenaran produk yang akan dipromosikan terlebih dahulu. Apakah benar produk ini milik kelengkapan mulai dari BPOM, Hak Cipta, ijin perdagangan dan ijin lainya, barulah terjadi kesepakatan kerjasama dengan artis sebagai pengiklan produk," katanya.

Dengan adanya penjiplakan merk tersebut, Dewi Wulan selaku pemilik CV Dewi Arthatama Mandiri merasa dirugikan produk merk-nya turun drastis 50 persen sampai 60 persen. "Tentunya, saya akan melaporkan kejadian ini kepada pihak yang berwajib ke Polres Kota Tangsel untuk menempuh jalur hukum," tegasnya.

Dijelaskanya, dengan cara membeli botol yang sama dan menempel stiker serta memberi logo yang sama untuk bisa mengecohkan customers. Bukan itu saja pihak penjiplak merk pun menjual ‘dslimfat’ yang diduga palsu dibawah harga pasar demi memikat hati customers. Padahal tidak tahu apa isi obat tersebut apakah aman dikonsumsi atau tidak. Yang jelas hal itu sangat berisiko untuk pembeli. Apalagi kalau obatnya memang terbukti berbahaya. 

"Untuk itu, karena banyaknya pihak yang merasa dirugikan, saya selaku pemilik akan bertindak tegas atas segala maraknya penipuan d slim fat palsu. Saya tidak akan segan-segan untuk segera menindaklanjuti masalah ini ke ranah hukum. Karena, kami sudah punya HAKI bahwa D SLIM FAT adalah milik CV Dewi Arthatama Mandiri yang saya dirikan. Saya berharap dan mengimbau untuk semua masyarakat yang ingin membeli d slim fat asli agar jangan sampai tertipu lagi. Yang asli cuma ada di @dslimfat.official (seluruh agen & reseller resmi pun) bisa dicheck di sana," ungkapnya. (bah)

Post a Comment

0 Comments