Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Masuk Masa New Normal, PT Pelindo IV PNS Tetap Berjalan

Proyek pelabuhan yang masih berjalann.
(Foto: Istimewa)



NET - Memasuki masa New Normal di tengah pandemi Covid-19, PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) bukan hanya menyiapkan skenario bagi manajemen dan operasional tetapi juga untuk sejumlah investasi yang menjadi target di tahun ini.

Direktur Utama PT Pelindo IV Prasetyadi mengatakan semua investasi utamanya Proyek Strategis Nasional (PSN) tetap berjalan sebagaimana mestinya walaupun Perseroan harus menghadapi pandemi Covid-19. "Perseroan tetap komit bahwa investasi tahun ini tetap berjalan meskipun pada masa pandemi seperti saat ini," ujar Prasetyadi kepada wartawan, Senin (8/6/2020).

Prasetyadi menjelaskan terutama untuk investasi PSN yakni Makassar New Port (MNP), Kendari New Port (KNP), Pelabuhan Bitung dan Pelabuhan Pantoloan. Saat ini MNP sudah memasuki tahap lanjutan 2019 – 2022. Progress per 7 Juni 2020 sudah mencapai 31,10 persen dengan kegiatan yaitu soil replacement dan reklamasi.

Selama masa pandemi Virus Corona, kata Prasetyadi, proyek pembangunan MNP memang tetap berjalan dengan normal, begitu juga PSN yang lainnya. Selain itu, beberapa proyek investasi internal untuk peningkatan infrastrukut masih berjalan sesuai dengan rencana.

“Namun untuk kegiatan penambahan alat sedikit mengalami kendala dipengirimannya karena adanya kebijakan lockdown pada negara asal, tetapi diharapkan dapat segera teralisasi pada tahun ini," ujarnya.

Secara umum Dirut Pelindo IV, kata Prasetyadi, BUMN yang bergerak dibidang jasa kepelabuhanan ini tidak terdampak secara signifikan karena Perseroan fokus pada pelayanan terutama logistik yang tetap dibutuhkan oleh masyarakat di tengah pandemi.

“Karena pelayanan logistik untuk domestik tetap berjalan dan presentase-nya cukup besar dibandingkan ekspor. Bahkan dibandingkan dengan pendapatan dari penumpang yang hanya mengambil porsi sebesar 8 persen dari total pendapatan perusahaan," ucap Prasetyadi. (dade)

Post a Comment

0 Comments