Penanganan Covid-19, Mensos Hadiri Pemberian Kartu Sembako Di Tangsel

Baca Juga

Menteri Sosial Juliari Peter Batubara (baju
putih) dan Walikota Airin Racchmi Diany.
(Foto: Bambang TR/TangerangNet.Com)




NET -  Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Sosial melaksanakan pemberian bantuan sosial sebagai Jaring Pengaman Sosial (JPS) dalam penanganan dampak ekonomi akibat adanya wabah virus Corona (Covid-19) kepada 198 warga masyarakat Kelurahan Sawah. Kegiatan pemberian bantuan JPS tersebut dilaksanakan pada Selasa (22/04/2020), di kantor Kelurahan Sawah, Kecamatan Ciputat. 

Hadir dalam kesempatan tersebut  Menteri Sosial (Mensos) RI Juliari Peter Batubara dan didampingi oleh Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, Kepala Dinas Sosial Kota Tangerang Selatan Wahyunoto Lukman, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Toto Sudarto, Camat Ciputat Andi Patabai, dan Sekcam Ciputat H. Ali Akbar.

Kepada TangerangNet.Com usai pelaksanaan kegiatan tersebut,  Wahyunoto Lukman mengatakan melalui bantuan-bantuan sosial baik yang bersumber dari Pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial maupun dari sumber APBD Provinsi Banten, semuanya akan difasilitasi dengan baik dan cepat oleh Pemerintah Kota Tangsel melalui Dinas Sosial.

"Apalagi bantuan sosial yang bersumber dari anggaran APBD Kota Tangsel maka akan kami laksanakan secepatnya untuk membantu ketahanan sosial ekonomi warga. Dan yang utama adalah data penerima bantuan sosial tersebut haruslah valid dan benar-benar tepat sasaran bagi yang membutuhkan bantuan,” tutur Wahyunoto Lukman.

Pihak non pemerintahan, kata Wahyuonoto, begitu banyak yang sudah menyalurkan bantuan kepada warga masyarakat. Sudah saatnya sekarang kita bersatu membantu warga masyarakat yang terdampak ekonominya akibat wabah Covid-19, selain kita bersatu juga untuk Perang Melawan Covid-19.

Sementara itu, Menteri Sosial RI Juliari Peter Batubara di hadapan puluhan awak media lokal dan nasional menyatakan kehadirannya di Kota Tangsel tersebut dalam rangka memenuhi undangan dari Walikota Tangsel untuk menyaksikan secara langsung pemberian secara simbolis Bantuan Sosial (Bansos) Jaring Pengaman Sosial dari Kementerian Sosial (Kemensos) kepada warga Kota Tangsel yang secara simbolis diberikan kepada warga Kelurahan Sawah, Kecamatan Ciputat.

"Saya hadir di sini memenuhi undangan dari Walikota Tangsel Ibu Airin untuk melihat secara langsung pemberian bantuan sosial berupa kartu Sembako yang diberikan oleh Kementerian Sosial untuk warga masyarakat Kota Tangsel. Kartu Sembako tersebut dicetak oleh Bank BNI dan dapat dipakai untuk pembelian khusus Sembako di warung-warung Sembako yang sudah diajak kerjasama oleh Pemkot Kota Tangsel," terang Menteri Sosial.

Ditambahkan oleh Menteri Sosial bantuan sosial berupa kartu Sembako tersebut merupakan bantuan khusus dalam rangka menangani dampak ekonomi dan sosial akibat adanya wabah virus Covid-19. Dan bantuan kartu Sembako tersebut diberikan kepada para PKM baru selain para penerima bantuan PKH yang sudah menerima bantuan rutin setiap bulan atau triwulan dari Kemensos.

Di tempat yang sama, Walikota Tangerang Selatan menjelaskan selain 36 ribu jumlah warga masyarakat Kota Tangsel penerima bantuan sosial dari Kemensos, direncanakan akan ada tambahan sebanyak 45 hingga 50 ribu penerima bantuan sosial dari Kementerian Sosial untuk warga masyarakat Kota Tangerang Selatan. Dan akan ada bantuan sosial dari Provinsi Banten kepada warga masyarakat Kota Tangsel dalam bentuk uang yang akan ditransfer ke rekening masing-masing warga penerima bantuan dari Gubernur Banten tersebut.

"Jangan dilihat jumlahnya karena ini sifatnya adalah bantuan sosial, warga masyarakat penerima bantuan dari Gubernur Banten tersebut dapat membelikan Sembako di warung mana saja yang mereka mau. Dan melalui kesempatan ini, saya ingin mengajak kepada teman-teman media untuk memantau secara langsung pelaksanaan penyaluran bantuan sosial ini dengan baik. Apakah sudah sesuai ketentuan siapa-siapa yang menerimanya kepada yang berhak,” ungkap Airin.

“Jika teman-teman media menemukan adanya penyimpangan di lapangan, maka tolong laporkan kepada saya maupun kepada tim pengawas penyaluran bantuan sosial Pemkot Tangsel dengan valid dan benar," pungkas Airin. (btl)

Post a comment

0 Comments