Di Cisoka, 10 Desa Terima 150 Bibit Sayur Mayur

Baca Juga

H. Ahmad Hapid saat meninjau kebun 
 sayur organik di Kampung Bugel.
(Foto: S. Bahri/TangerangNet.Com)



NET - Camat Cisoka Kabupaten Tangerang H. Ahmad Hapid memberikan bantuan 150 bibit sayur mayur kepada 10 desa di wilayah Kecamatan Cisoka. Penyerahan bibit sayur berlangsung di Kampung Bugel, Desa Bugel, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang, Selasa (17/12/2019).

Camat Cisoka menyebutkan pemberian bibit sayur agar masyarakat Kecamatan Cisoka dapat menanam sayur mayur sendiri serta memanfaatkan pekarangan rumah sebagai kebun sayuran organik. Paling tidak  150 bibit sayur mayur itu diberikan kepada 120 anggota yang sudah ikut dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) Gria Karya Mandiri Cisoka.

"Mudah-mudahan kegiatan seperti ini terus berjalan sehingga dapat memberikan pemahaman kepada warga untuk memanfaatkan pekarangan rumah sebagai kebun sayuran organik itu nantinya bisa dicontoh  kecamatan lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang Azis Gunawan  mengatakan Kabupaten Tangerang sebagai salah satu daerah urban dengan ragam kultur serta laju pertumbuhan penduduk yang cukup pesat menjadi salah satu faktor utama sebagai pemerintah daerah harus bisa berinovasi dengan cepat dan inovatif.

"Ini menjadi salah satu solusi yang tepat di tengah pembangunan yang pesat kita dapat mengambangkan penanaman sayuran organik yang sangat baik bagi kesehatan. Karena pertanian organik adalah sistem budi daya pertanian yang mengandalkan bahan-bahan alami tanpa menggunakan bahan kimia sintetis," ucap Azis.

Kelompok Wanita Tani di Kampung Bugel memberikam contoh positif bagi kampung lainnya sehingga bisa memanfaatkan pekarangan rumah sebagai kebun sayuran organik.

Ketua Kelompok Wanita Tani (KWT) Gria Karya Mandiri Cisoka Endang menjelaskan awalnya hanya 30 anggota. Namun saat bertambah menjadi 120 anggota itu lantaran adanya suport dari Pemkab Tangerang . "Kami terus berupaya membangun kelompok wanita tani itu tidak hanya memanfaatkan berkebun di halaman rumah tapi juga dapat membantu pemerintah daerah dalam bidang sayur mayur" ucap Endang. (bah)

Post a comment

0 Comments