Walikota: Dana Zakat Harus Dikelola Dengan Profesional

Baca Juga

Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah
serahkan penghargaan kepada pengumpul zakat. 
(Foto: Istimewa)





NET – Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah mengatakan, "Dana umat ini sangat dibutuhkan untuk masyarakat. Jadi diharapkan Baznas mampu mengelolanya dengan profe
sional.

Hal itu dikatakan Walikota saat membuka kegiatan Rapat Kerja Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tangerang 2019 yang mengangkat tema "Optimalisasi Pengelolaan Zakat Dalam Upaya Mewujudkan Kota Tangerang Sebagai Kota Ekonomi Syariah", di Gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tangerang, pada Kamis (28/11/2019).

Arief berharap Baznas dapat mendorong peran dan partisipasi masyarakat untuk menyalurkan dana umat berupa ZIS (Zakat, Infak, Sodakoh).

Melalui Raker Baznas 2019, Arief berharapkan unit pengumpul zakat (UPZ) yang menjadi perpanjangan tangan tetap terkontrol, termonitor dan terprogram dengan baik oleh Baznas Kota Tangerang.

"Benar-benar terpetakan pula masyarakat yang rutin menyalurkan dana infaq dan sodakohnya melalui Baznas. Dan terinformasikan juga siapa masyarakat disekeliling rumah atau lingkungan kita yang butuh bantuan," jelas Walikota.

Menurut data, hingga Oktober 2019 sudah terbentuk 800 lebih UPZ di masjid dan mushola se-Kota Tangerang. Arief pun menjelaskan, tidak menutup kemungkinan UPZ dapat dibangun di perusahaan-perusahaan atau pabrik-pabrik yang ada di Kota Tangerang.

"Kalau bisa kenapa tidak, supaya semakin banyak masyarakat yang menyalurkan bantuan dana umat untuk masyarakat yang membutuhkan," harapnya.

Ketua Baznas Kota Tangerang KH. M. Aslie Al-Khusaeri dan Kepala Bagian Kesra Kota Tangerang H. Felix Mulyawan hadir pada acara tersebut.

Raker Baznas Kota Tangerang Tahun 2019 direncanakan  akan dilaksanakan di Wisma Tugu Kementerian Agama, Cisarua, Bogor, pada 28-29 November 2019, Walikota berharap semakin banyak inovasi dan kreativitas dari Baznas.

Sebagai informasi, dalam Raker tersebut diberikan Penghargaan Baznas Awards 2019 untuk tiga pemenang yaitu Kategori Kecamatan jatuh pada UPZ Kecamatan Pinang, Kategori SKPD Pemerintah Kota Tangerang diraih oleh Dinas Lingkungan Hidup, dan Kategori Instansi atau Lembaga Pemerintahan Lainnya diraih oleh Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe C Bandara Soekarno Hatta (Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Republik Indonesia). (*/rls)

Post a Comment

0 Comments