Gubernur WH: Bantuan Keuangan Provinsi Sesuai Standar Prioritas

Baca Juga

Gubernur Banten H. Wahidin Halim (duduk
baju putih) bersama peserta orientasi DPRD
Kabupaten Lebak terlihat akrab. 
(Foto: Istimewa) 



NET – Gubernur Banten H. Wahidin Halim (WH) mengatakan, "Bantuan keuangan dari Pemerintah Provinsi Banten untuk kabupaten dan kota berdasarkan proposal yang sesuai standar prioritas. Kita sadar keterbatasan keuangan kabupaten dan kota."

Hal itu diungkapkan Gubernur Banten di depan para peserta Orientasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lebak, hasil Pemilu 2019 di Hotel Le Semar, Jalan Bhayangkara No. 50, Kota Serang, Senin, (11/11/2019).

"Yang penting transparan dan akuntabel. Bagi saya bukan masalah kebutuhannya," ujar Gubernur WH.

Ditegaskan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten membangun jalan, jembatan, trotoar, sekolah, dan lainnya semuanya terukur.

Gubernur WH pun mencontohkan pembangunan jalan dengan kons
truksi cor semen dengan ketebalan 28 centimeter dan perkirakan mampu bertahan selama 7 tahun. Pada tahun keempat kembali dioverlay sehingga tidak setiap enam bulan membangun jalan.

Guna pembangunan jalan, Gubernur menyarankan pemerintah kabupaten dan kota membuat surat resmi, jalan mana yang belum bisa tembus.

Seiring dengan penggunaan sistem penganggaran yang memanfaatkan aplikasi SIMRAL (sistem informasi manajemen perencanaan, penganggaran dan pelaporan), Gubernur menyarankan untuk membuat anggaran setahun sebelumnya.

Sebelumnya, Gubernur Banten Wahidin Halim menyampaikan materi “Kedudukan Gubernur Sebagai Wakil Pemerintah Pusat”. Hal itu berdasarkan Pasal 18 ayat (2) UUD 1945 serta Pasal 1 ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 33 tahun 2018 tentang Pelaksanaan Tugas dan Wewenang Gubernur Sebagai Wakil Pemerintah Pusat. Gubernur juga menyampaikan tugas fungsi DPRD.

Dalam kesempatan itu, Gubernur menyampaikan kondisi saat ini Provinsi Banten terkait dengan pembangunan dan perekonomian di Provinsi Banten.

Turut hadir Kepala BPSDMD Provinsi Banten Endrawati dan Kepala BPSDM Kemendagri Teguh Setyabudi. (*/pur)

Post a Comment

0 Comments