Dudung Siap Lanjutkan Kepemimpinan Airin Di Tangsel

Baca Juga

Dudung E. Diredja saat mendaftar
ke DPC Partai Gerindra Kota Tangsel.
(Foto: Bambang TL/TangerangNet.Com) 



NET -  Bakal Calon Wali Kota (Bacawalkot) Tangerang Selatan (Tangsel) Dudung E. Diredja, siap melanjutkan kepemimpinan 2 periode Airin Rachmi Diany. Konsep yang akan diusungnya adalah menguatkan pilar ekonomi kerakyatan di tengah persaingan usaha yang ada.

Kesiapan majunya Dudung dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tangsel, ditandai dengan gencarnya dia turun menyambangi basis-basis ekonomi masyarakat. Pasar, pemukiman warga, adalah salah satu lokasi yang paling sering dikunjunginya guna menyerap aspirasi.

Pada Rabu (20/11/2019) kemarin, dia mengunjungi pendopo warga di RT 03 RW 06, Desa Perigi Lama, Pondok Aren. Di sana, Direktur Utama Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Pembangunan Investasi Tangerang Selatan (PITS) itu bersosialisasi soal pembangunan, baik fisik infrastruktur maupun ekonomi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

"Kepempimpinan Ibu Airin selama 2 periode sudah sangat baik, tinggal bagaimana kita melanjutkan itu. Sekarang contohnya, salah satu jalan di depan sini sudah bagus, sudah banyak dibangun. Kalau infrastrukturnya baik, maka otomatis iklim usaha masyarakat juga lebih cepat meningkat," terangnya di hadapan masyarakat.

Warga yang hadir, menyambut antusias pertemuan itu. Spontan beberapa orang di antaranya menyampaikan keluh-kesah terhadap sejumlah persoalan lingkungan.  Misalnya, tentang lampu jalan yang minim pemeliharaan. Padahal sarana penerangan menjadi penting, lantaran menopang aktifitas dan keamanan pengguna jalan.

"Ke depan pemeliharaan harus dilakukan oleh warga sekitar, makanya perlu meningkatkan anggaran kelurahan," terang Dudung.

Selain itu, dibahas pula tentang kegiatan ekonomi kreatif di Kampung Perigi Lama. Di sana terdapat banyak anak-anak muda dari komunitas lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK/STM) yang berwirausaha membuka bengkel. Problemnya adalah, mereka minim dari pendampingan modal.

"BUMD sedang membentuk BPRS yang nantinya akan membantu permodalan kebutuhan masyarakat Tangsel,  khususnya bagi UMKM," jelas Dudung menjawab permasalahan yang dilontarkan oleh komunitas anak-anak muda.

Lebih lanjut, Dudung menjelaskan jika Dewan Koperasi Pemerintah Daerah (Dekopinda) melalui program sedekah resep juga telah berupaya membantu kalangan ibu-ibu. Tidak hanya memberikan resep masakan, tetapi juga mengajarkan bagaimana cara memasarkannya.

"Ada program sedekah resep, kita terus memaksimalkan itu agar bisa membantu ibu-ibu yang gemar memasak, dan bagaimana cara menyalurkan potensi itu agar menghasilkan pendapatan," ucapnya.

Banyak hal umum yang juga dibahas Dudung bersama warga, seperti pengelolaan 3 pasar tradisional yang diserahkan kepada BUMD PT PITS. Nantinya, PT PITS akan menyiapkan kios-kios yang khusus diperuntukkan bagi UMKM penjual makanan khas Kota Tangsel.

Kemudian Dudung merespon pula usulan dari warga soal pengabdian 17 orang yang selalu operasional menghimpun sampah sejak 5 tahun bekerja. Ke-17 orang itu, mengangkut sampah dari rumah warga ke lokasi penampungan sementara di lahan seluas 2000 meter. Selanjutnya diangkut ke TPA Cipeucang 2 minggu sekali.

"Pengelolahan sampah harus dilakukan di tiap lingkungan, terhadap masyarakat yang terdampak harus ada kompensasi," terangnya.

Pertemuan itu, membahas pula tentang kesejahteraan guru yang ada di Kota Tangsel, sebagaimana ditanyakan oleh seorang warga yang juga berprofesi sebagai guru SMA. Dudung pun menjelaskan untuk setingkat SMA kewenangan ada di provinsi. Namun, dia meyakinkan akan mendorong pihak provinsi memberikan pemerataan bagi tingkat kesejahteraan guru.

Terakhir, warga berpesan kepada mantan Sekda itu untuk menurunkan harga beras yang berangsur mengalami sedikit kenaikan. Lalu Dudung membeberkan bahwa BUMD Tangsel saat ini memang sedang menjajaki kerjasama dengan BUMD Pandeglang untuk pengadaan beras dengan harga terjangkau.

"Jadi nanti harus ada koperasi di setiap wilayahnya, agar masyarakat bisa membeli beras dengan harga terjangkau," tandas Dudung.

Pertemuan itu mendapat apresiasi warga yang hadir, lantaran apa yang mereka keluhkan direspon dengan jawaban yang riil untuk dijadikan solusi. Lantas mereka pun sepakat, mendukung Dudung untuk maju dalam Pilwakot Tangsel tahun 2020, melanjutkan kepemimpinan Airin Rachmi Diany. (btl)

Post a Comment

0 Comments