BPPT Dan GTC Korea, kerja Sama Di Bidang Teknologi Hijau Dengan Meluncurkan GTPI

Baca Juga



NET - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), bersama Green Technologi Center (GTC) Korea sepakat bekerja sama di bidang teknologi hijau (greentechnology) dengan meluncurkan Greenk2 Technology Partnership Initiative (GTPI) yang di dukung oleh Kementerian Ilmu Pengetahuan dan TIK dan Yayasan Riset Nasional Korea.

Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Dr. Ir. Hammam Riza mengatakan, kolaborasi BPPT dan GTC tersebut, antara lain penelitian bersama dan proyek untuk mengembangkan penelitian dan kolaborasi proyek dalam beberapa topik, seperti energi terbarukan, air murni, perikanan dan pertanian pintar. 

"Dengan hadirnya GTPI, akan ada peningkatan penelitian dan pengembangan teknologi hijau dengan skema kemitraan antara Indonesia dan Korea," kata Hammam, Kamis (22/8), saat acara Louncing Kerjasama Green Technology Partnership Initiative (GTPi) antara Badan Pengajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dengan Green Technologi Center (GTC) Korea, di Ruang Auditorium Gedung BPPT 2 Lantai 3, Jl. M.H. Thamrin No. 8, Jakarta Pusat.

BPPT dan GTC akan berbagi pengetahuan dan sumber daya termasuk konferensi, seminar dan lokakarya serta konsultasi dan publikasi dalam implementasi, perencanaan dan identifikasi kegiatan lebih lanjut untuk meningkatkan kolaborasi. BPPT akan mendukung kegiatan GTPI di Indonesia untuk mengembangkan teknologi ramah lingkungan.

"Selama ini, BPPT telah berhasil menghasilkan berbagai inovasi untuk mitigasi dan adaptasi perubahan iklim seperti teknologi modifikasi cuaca, jaringan mikro, proyek percontohan pembangkit listrik biogas POME dan pembangkit listrik limbah menjadi energi," katanya.

                                                                    Lebih ljauh Hammam mengatakan,  kedepannya, GTPI ingin melanjutkan peningkatan kemitraan multilateral, penelitian pengembangan dan demonstrasi mengenai proyek dan kebijakan berbasis teknologi hijau di bawah kerja sama multilateral dan skema pengembangan, serta untuk membangun kemitraan strategis dengan pemerintah, lembaga pemerintah, universitas, industri, organisasi internasional dan masyarakat sipil untuk mencapai tujuan bersama melalui berbagi tanggung jawab, sumber daya, kompetensi dan manfaat.                                  
Peluncuran kerja sama GTPI, juga dihadiri pula oleh Sekretaris Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Ainun Naim, Ketua Komite II DPD RI Parlindungan Purba, Duta Besar Korea untuk Indonesia Kim Chang-beom, serta Presiden GTC Korea Byung-ki Cheong. (dade)

Post a Comment

0 Comments