Setelah Tinjau Pembangunan Jalan Simpang Gondrong, Gubernur: Dua Tahun Selesai

Baca Juga

Gubernur Banten H. Wahidin Halim (topi putih)
berdialog dengan pelaksana pembangunan jalan. 
(Foto: Istimewa)




NET - Gubernur Banten H. Wahidin Halim melakukan inspeksi mendadak (Sidak) dan pengecekan jalan pada persimpangan Kelurahan Gondrong di Kota Tangerang pada Kamis (20/6/2019). Kemacetan panjang sering terjadi pada lokasi tersebut terutama pada saat jam sibuk.

Guna dapat mengatasinya, Pemerintah Provinsi Banten telah menganggarkan pembangunan pelebaran jalan dan tahap pembangunan pertama mulai dikerjakan pada tahun ini. Pembangunan jalan pada tahap selanjutnya akan dianggarkan pada tahun 2020.

“Ini adalah salah satu upaya penengahan terhadap kondisi persimpangan jalan di Gondrong yang memang dari hari ke hari mengalami kemacetan lalulintas luar biasa. Karena ini masuk critical point bagi pemerintah provinsi. Ini jalan provinsi sehingga kita bertekad untuk bisa mencoba melakukan pelebaran,” jelas Gubernur.

Pelebaran jalan tersebut, kata Gubernur, dilakukan mulai dari Persimpangan Jalan Gondrong sampai ke arah Ciledug. Pembangunan jalan tersebut memang membutuhkan biaya cukup besar namun dapat terselesaikan dalam dua tahun ini.

“Memang butuh biaya besar, tapi insya Allah dalam dua tahun ini dapat diselesaikan pembangunan pertigaan atau perempatan ini maupun pembangunan jalan yang mempunyai kapasitas kendaraan yang hampir setiap tahun semakin meningkat,” terang Wahidin Halim.

Gubernur berharap pembangunan jalan tersebut dapat berjalan lancar dan selesai sesuai target sehingga infrastruktur jalan yang baik dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Kepala Balai Pelaksana Teknis Jalan dan Jembatan Wilayah Tangerang Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Banten Arlan Marzan menjelaskan program penataan Simpang Gondrong bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Banten dan untuk lahannya menghabiskan anggaran sekitar Rp 40 miliar. Untuk pembangunan fisiknya, diperkirakan akan terlaksana pada Agustus 2019 mendatang. Sehingga, pembangunan tahap I ditargetkan selesai pada tahun 2019 ini.

“Dan untuk tahap II akan dilanjutkan tahun depan, dan Insya Allah akhir 2020 sudah selesai semua,” tuturnya.

Pelaksana Pemeliharaan Jalan Wilayah Tangerang Dinas PUPR Provinsi Banten Hamdan menambahkan pelebaran sekaligus penataan jalan pada Simpang Gondrong sesuai arahan Gubernur bahwa ruas jalan ini merupakan kewenangan Pemprov Banten yang dari tahun ke tahun telah dilaksanakan dan baru tahun ini dapat terealisasi.

“Alhamdulillah, kami mendapat support dari Pak Gubernur sehingga bisa terlaksana pelebaran jalan di Simpang Gondrong ini. Kami siap melaksanakannya,” ujarnya.

Nani, salah seorang Kelurahan Gondrong mengungkapkan jalur tersebut selama ini terus mengalami kemacetan apalagi jika ada yang tengah parkir di jalur tersebut.

“Kalau sudah dilebarin kan bagus, enak gitu. Baru tahun ini saja ada pelebaran, sebelumnya tidak ada,”

Nani berharap dengan adanya pelebaran tersebut dapat membawa kebaikan untuk semua terutama masyarakat. “Terimakasih Pak Gubernur dan Pemprov Banten atas dilaksanakannya program tersebut,” ucap Nani.

Warga lainnya yang berprofesi sebagai pedagang ketoprak yang sehari-hari berjualan di sekitar ruas tersebut juga berterimakasih kepada Gubernur atas dilakukannya pelebaran Jalan Simpang Gondrong. Karena, hal tersebut akan membuatnya lebih leluasa berjualan karena kemacetan akan terurai. (*/pur)



Post a Comment

0 Comments