Warga Keluhkan Sampah Di Sudimara Jombang, DLH Tangsel Bersihkan

Baca Juga

Sampah yang menumpuk di sisi rel 
saat dibersihkan oleh jajaran DLH. 
(Foto: Bambang/TangerangNet.Com) 




NET- Sampah yang berserakan di pinggi rel kereta commuter listrik dekat Stasiun Sudimara, Jombang, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dibersihkan aparat, Jumat (5/4/2019).  Pembersihan tersebut merespon informasi, masukkan serta kritik dari warga masyarakat.

"Alhamdulillah sesuai dengan program dari Walikota Tangsel Jum'at bersih, hari ini kita bersama puluhan jajaran tim kebersihan DLH (Dinas Lingkungan Hidup-red) Tangsel, dan dibantu oleh tim kebersihan dari Dinas PU drainase Tangsel, bersama-sama melakukan langkah awal membersihkan tumpukan sampah yang jumlahnya cukup besar dipinggir rel kereta listrik," ujar Kabid Persampahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangsel Wisman Syah.

Wisman Syah menjelaskan aksi pembersihan sampah oleh pihak DLH Tangsel yang menumpuk dipinggir rel kereta listrik dekat stasiun Sudimara Jombang, Ciputat pada hari ini merupakan bagian dari kegiatan Jum'at bersih yang sudah menjadi program rutin dari Walikota Tangsel.

Hal senada juga disampaikan oleh Kasie Pengelolaan Persampahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangsel Rastra Yudhatama atau yang akrab disapa Bang Yuda. Menurut Yuda, berdasarkan laporan tim kebersihannya di lapangan dan juga informasi dari warga masyarakat sekitar terkait menumpuknya sampah di sepanjang pinggir rel kereta commuter listrik didekat stasiun Sudimara, Jombang, Ciputat.

Pihak DLH Tangsel, kata Yuda, khususnya bidang persampahan, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang dengan kesadarannya sendiri, ikut peduli dan berpartisifasi aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan serta keindahan Kota Tangerang Selatan.

"Hari ini DLH Tangsel bidang Pengelolaan sampah dibantu Dinas PU drainase melakukan pembersihan sampah yang menumpuk. Ini merupakan langkah awal untuk membersihkan sampah tersebut karena terkendala akses mobil beko dan truk sampah yang tidak bisa masuk kelokasi," ungkapnya.

Sementara itu, Raihan Maulana P atau yang lebih akrab dikenal Kang Ade, aktivis lingkungan yang juga seniman Tangsel. Saat dikonfirmasi TangerangNET.com via telpon menyatakan apresiasinya kepada pihak DLH Tangsel atas langkah sigapnya menangani masalah sampah di pinggir rel kereta Commuter, dekat stasiun Sudimara, Jombang, Ciputat.

"Walaupun baru tahap awal saja yang dilakukan oleh pihak DLH Tangsel, tapi tetap kami apresiasi langkah cepat dari pihak DLH Tangsel. Itu artinya mereka masih responsif dan peduli terhadap informasi serta masukan dari warga masyarakat terkait keberadaan sampah disini," tandas Kang Ade.

Amil Rajad, warga RT 001 RW 09, Kelurahan Jombang, Kecamatan Ciputat, saat dimintai tanggapannya terkait sampah yang menumpuk di wilayah Rukun Tetangga (RT)-nya mengatakan yang membuang sampah di wilayahnya adalah warga perumahan kavling dan lainnya.

"Galakkan mereka Pak kalau kami tegur untuk tidak membuang sampah di wilayah ini. Mereka membuangnya tengah malam dengan menggunakan gerobak. Kami berharap kepada pihak Pemkot Tangsel, Kecamatan Ciputat serta Kelurahan Jombang dan juga pihak PJKA yang memiliki lahan tempat pembuangan sampah di sini, untuk dicarikan solusinya yang terbaik dan komfrehensif masalah sampah di Kelurahan Jombang ini," pungkasnya. (bam)

Post a Comment

0 Comments