Peringatan Hari Air Sedunia, Setiap Tamu Tanam Satu Pohon

Baca Juga

Setiap tamu yang hadir kebagian 
satu pohon untuk ditanam. 
(Foto: Istimewa) 



NET - Peringatan Hari Air Sedunia diselenggarakan di Objek Wisata Pagilaran, Kecamatan Blado Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Acara peringatan Hari Air Sedunia Tahun 2019 yang dimulai pukul 09.30 WIB, di Perkebunan Teh Pagilaran Kecamatan Blado Kabupaten Batang, serta diadakan penanaman bibit pohon. Dengan Tema "Water for all no exception (air untuk semua tanpa kecuali)". 

Direktur Utama pada Kegiatan Hari Air Sedunia PD Perpamsi (Persatuan Perusahaan Air Minum Indonesia) Jawa Tengah Korwil Pekalongan yang dibacakan oleh Direktur PDAM Batang Yulianto menyampaikan Hari Air sedunia yang jatuh pada 22 April ditujukan untuk menarik perhatian masyarakat akan pentingnya air bersih dan juga menyadarkan untuk mengelola sumber air bersih secara berkelanjutan, mengingat air adalah hak setiap manusia siapapun orangnya.

“Upaya pemulihan kerusakan hutan di Lereng Dieng dan kerusakan ekosistem mangrove serta antisipasi perubahan iklim global, penanaman pohon aren dan mangrove ini diharapakan akan memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan pelestarian hutan mangrove sebagai salah satu ekosistem yang penting baik di Hulu maupun di Hilir, " kata Yulianto.

Kesempatan yang sama, Ketua PD Perpamsi (Persatuan Perusahaan Air Minum Indonesia) Jateng Samino mengatakan bahwa kegiatan seperti ini baru pertama kali dilaksanakan di Batang, semoga tiap tahunnya dapat dilaksanakan di tempat yang berbeda. Salah satu bentuk tindakan kita untuk tetap memanfaatkan juga menjaga air serta ekosistem hutan dan alam, air sangat penting untuk kebutuhan masyarakat dan ini sangat dibutuhkan sekali. Terimakasih kepada Pemda Batang yang sudah menerima kami sejak tadi malam, harapannya semogao program ini akan dilaksanakan  bergantian tiap tahunnya," ujarnya, Kamis (25/4/2019).

"Kenapa Hari Air Sedunia di peringati, karena air sangat penting untuk kehidupan kita sehari-hari. Saya mengucapkan apresiasi setinggi-tingginya atas terselenggaranya acara ini. Hari ini juga ada pencanangan penanaman pohon, ini untuk kelancaran ekosistem dan untuk sistem penyerapan air agar tidak terjadi banjir," kata Wakil Bupati Suyono.

Kegiatan yang dilanjutkan dengan Pemberian Bantuan berupa dana kepada 5 UMKM dan 100 Peternak Cacing wilayah Kabupaten Batang oleh Suyono.

Pada Hari Air Sedunia tersebut di penaman bibit pohon dilakukan oleh semua tamu undangan yang hadir. Satu orang menanam satu pohon, beberapa bibit pohon yang ditanam antara lain bibit pohon Aren, bibit pohon Kepel, bibit pohon Saman, dan Bibit pohon Pucung. Kesemua bibit ditanam di sekitar lingkungan PT Pagilaran.

Hadir  Dandim 0736/Batang, Letkol  Kav. Henry RJ Napitupulu, Kapolres Batang, atau yang mewakili, Ketua PD Perpamsi (Persatuan Perusahaan Air Minum Indonesia) Jateng Samino, Direktur PDAM Batang, Yulianto, Direktur Utama/Direktur PDAM se Jawa Tengah, Kajari Batang atau yang mewakili, Camat Blado,  Darnoto, Muspika Blado, Pengurus dan Anggota FKP (Forum Komunikasi Pelanggan) PDAM Batang, Ketua Paguyuban Banyu Bening Batang, Margono, Anggota Pramuka Kwarcab. Batang, Aktifis Lingkungan Batang, Anggota Siswa- Siswi Pramuka Kwartir Cabang Batang. (dade)

Post a Comment

0 Comments