Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pemprov Operasi Bersihkan Bahu Jalan Ruas Palima-Pasar Baros

Petugas kebersihan gabungan angkut sampah. 
(Foto: Istimewa)



NET - Pemerintah Provinsi Banten (Pemprov) operasi kebersihan di Jalan Raya Pandeglang ruas Palima - Pasar Baros.

"Kita sama-sama akan melaksanakan perang bersama kebersihan antara Palima - Baros. Kemarin yang Palima - Boru ada yang belum selesai. Nanti ada satu group yang menyelesaikannya sehingga nanti bersih semuanya. Mudah-mudahan jadi ibadah bagi kita. Amin," ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Banten Ino S. Rawita di Kota Serang, Kamis (11/4/2019)

Sekda Pemprov Banten menjelaskan Gubernur Banten menginginkan jalan yang menuju Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP-3B) bebas sampah dan pinggir jalannya ditanami bunga-bunga.

"Tugas kita untuk melaksanakan itu. Bukan hanya untuk Pak Gubernur, tetapi juga untuk kenyamanan Kota Serang sebagai ibu kota provinsi.  Untuk itu, kita semua harus sama-sama kompak untuk melaksanakannya," tutur Sekda Pemprov Banten.

Pengamatan di lapangan, petugas gabungan antar instansi itu melaksanakan tugas sesuai tugas pokok dan fungsinya (Tupoksi). Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) mengatur jalur, petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menertibkan usaha dan spanduk yang berada bahu dan trotoar jalan. Aedangkan petugas dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK),  Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim), dan Dinas Pekerajaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) membersihkan sampah, semak dan rumput liar, hingga drainase yang tersumbat.

Setelah bahu jalan bersih dan tertata, pandangan saat berkendara di Jalan Raya Pandeglang ruas Palima - Pasar Baros pun tampak lapang. Jalan tidak terasa terlalu sempit akibat bahu jalan ditumbuhi semak dan rumput liar ataupun usaha yang menjorok ke bahu jalan. Hingga Pasar Baros, perjalan menjadi lancar.

Perubahan ini juga disambut baik oleh Yana Mulyana, 30, pedagang es kelapa di depan Pasar Baros. Yana menyebutkan setelah ada penertiban dan kebersihan jalan di depan Pasar Baros kini lancar, tidak macet lagi.

"Tapi pas hujan turun agak deras, air naik. Sampah dari pasar terbawa air ke jalan," ungkap Yana.

Senada dengan Yana,  Andi Sumira, 47,  juru parkir yang biasa mangkal di depan  minimarket kawasan Pasar Baros. Menurutnya, kini jalan di Pasar Baros sudah lancar. Hanya sedikit terganggu oleh tukang ojek yang mangkal dan parkir di tikungan sehingga mengganggu kendaraan yang hendak belok.

"Kini hari biasa lancar. Cuma hari Sabtu dan Minggu padat bahkan macet karena banyak yang naik turun pulang kampung dan mobil yang ke tempat wisata," ungkap Andi.  

Sebelumnya, Gubernur Banten Wahidin Halim berkeliling melakukan sidak menghubungi Kepala Dinas PUPR Provinsi Banten Hadi Soerjadi untuk membersihkan bahu jalan yang kotor dan dipadati dengan pedagang hingga membuat kemacetan lalulintas, Selasa (2/4/2019).  (*/pur)


Post a Comment

0 Comments