Sarimaya, Caleg DPR RI: Partai Berkarya Buktikan Bangun Ekonomi Rakyat

Baca Juga

Sarimaya: koperasi petani. 
(Foto: Istimewa)




NET - Sarimaya, calon legislatif (Caleg) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) daerah pemilihan (Dapil) Jawa Barat XI, memberikan bukti Partai Berkarya tidak sekadar janji membangun ekonomi kerakyatan dengan Koperasi Mustika Galunggung.

"Ini wujud nyata ekonomi kerakyatan," ungkap Caleg yang akan bertarung di Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kabupaten Garut.

Mengutip ketua umum Partai Berkarya Tommy Soeharto, Sarimaya mengatakan ekonomi kerakyatan adalah dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Ekonomi kerakyatan harus dibangun dengan kearifan lokal.

Koperasi, masih menurut Sarimaya, adalah bentuk ekonomi kerakyatan. Pada era Presiden Soeharto, koperasi dibangun sampai ke tingkat desa, dan menggerakan perekonomian rakyat.

"Koperasi Mustika Galunggung didirikan tahun 2017, tapi mulai berjalan Agustus 2018 dengan jumlah anggota seratus ribu orang," tutur Sarimaya dalam wawancara telepon, Sabtu (23/3/2019).

Koperasi bekerjasama dengan petani, memberi petani sarana produksi, benih, pupuk pestisida, dan ongkos keraja. Saat panen tiba, koperasi dan para petani berbagi hasil.

"Enam puluh persen hasil panen dimiliki petani, 40 persen untuk koperasi," ucap wanita kelahiran 19 Januari 1959 itu.

Lainnya, masih menurut Sarimaya, petani mendapatkan asuransi. Jika gagal panen, asuransi akan membayar nilai pertanggungan. Sarimaya mengatakan asuransi ini merupakan bentuk perlindungan kepada petani.

Sejak Januari 2018, Koperasi Mustika Galunggung bekerjasama dengan GORO untuk membangun usaha penjualan sembako. GORO menyediakan sembako, yang dijual ke masyarakat dibawah harga mini market.

Masyarakat pemilik toko eceran kecil akan dimanja oleh Koperasi Mustika Galunggung, karena bisa mengambil semua komoditas dengan pembayaran belakangan.

"Kami meringankan masyarakat dan usaha kecil dan menengah (UKM)," kata Sarimaya.

Mengenai keputusan berkarier di bidang politik bersama Partai Berkarya, Sarimaya mengatakan; "Saya ingin berperan serta membangun bangsa, menyejahterakan rakyat, dan terlibat dalam pembuatan undang-undang untuk kepentingan rakyat."

Sejak mengenakan rompi Partai Berkarya, Sarimaya aktif menyambangi masyarakat desa di Kabupaten Garut, dan Kabupaten Tasik, serta berdialog dengan warga Kota Tasikmalaya. Ia menyampaikan visi Partai Berkarya; membangun ekonomi kerakyatan dengan kearifan lokal.

"Saya katakan kepada setiap orang betapa Partai Berkarya menawarkan solusi bagi masa depan bangsa," katanya. "Partai Berkarya peduli terhadai kaum lemah, dan menawarkan program yang menyentuh semua lapisan."

Sebagai penutup, Sarimaya mengatakan pembangunan ekonomi kerakyatan adalah segalanya. Ekonomi yang kuat dan merata, menciptakan stabilitas sosial. (*14/pur)

Post a Comment

0 Comments