Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Ratusan Penegak Dan Pandega Kwarcab Tangerang Gelar Kipprah

Para anggota Pramuka yang mengikuti 
kegiatan Kipprah dengan tertib. 
(Foto: Istimewa) 



NET -  Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia, menjadi salah satu bunyi Dasa Darma Pramuka yang kedua dan menjadi kehidupan para anggota Pramuka, dan menjadi keharusan bagi para seluruh anggotanya guna menjaga lingkungan atau alam.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Tangerang Haji Saefullah mengatakan hal itu saat sosialisasi “Kita Peduli Permasalahan Sampah (Kipprah)”, Minggu (31/3/2019) di Aula Kantor Kwarcab Pramuka Kabupaten Tangerang, Bumi Perkemahan Kitri Bakti, Kecamatan Curug.

"Sampah menjadi problematika semua kalangan dan membutuhkan penyelesaian dari berbagai lini, satu di antaranya adalah bagaimana sampah  menjadi perhatian Pramuka. Pramuka memiliki komitmen kuat dalam menjaga kebersihan lingkungan dan dibunyikanlangsung di Dasadarma Pramuka poin kedua," ujarn Saefullah.

Menurut Bang Ipung, panggilan akrabnya, 350 anggota Pramuka tingkat Penegak dan Pandega bisa menjadi agensi dalam program Kipprah milik Pemerintah Kabupaten Tangerang. "Dengan dunia milenial yang dimiliki Pandega dan Penegak, diharapkan mampu mentransfer pengetahuan terkait masalah kebersihan lingkungan ini," jelasnya.

Diakui Ipung, Pramuka yang mempunyai anggota tiap sekolah bisa menjadi bagian yang penting, karena program pemerintah dalam bidang lingkungan berbasis kebersihan juga tertuang dalam Kurangi Sampah Sekolah Kita (Kurassaki) dan Kurangi Sampah Kantor (Kurasakan).

"Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia seperti dalam Dasadarma bisa diimplementasikan para anggota Pramuka, baik diperkantoran ataupun di lingkungan perkemahan," ucap Saefullah.

Keterlibatan Dewan Kwartir Cabang atau Kwarcab Pramuka Kabupaten Tangerang bisa menjadi semangat baru pemerintah dalam mengurangi timbunan sampah di Kabupaten Tangerang.

"Dengan jumlah anggota Pramuka di berbagai tingkatan sekolah dan pengurus ranting serta cabang bisa membawa andil dalam pengurangan volume sampah," jelasnya.

Sementara itu, Ahmad, anggota Pramuka mengatakan sangat tertarik dengan kegiatan ini, karena menggugah Dasadarma yang selama ini diagaungkan.

"Dasadarma tidak hanya menjadi jargon, namun butuh implementasi dalam kehidupan sehari-hari   sehingga kita bisa berperan dalam membersihkan sampah dil ingkungan kita," ujar Ahmad. (ran)

Post a Comment

0 Comments