Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

PDAM Tangerang Raih Peringkat 2 Nasional Pelayanan Terbaik

Demi memberikan pelayanan terbaik kepada
pelanggan, PDAM segera lakukan perbaikan. 
(Foto: Istimewa)


 
NET - Jelang Peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten (HUT) ke-75 kado manis diberikan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Tangerang yang tergabung dalam Perusahan Daerah Air Minum Tirta Kerta Raharja (PDAM TKR) memperoleh penghargaan pelayanan terbaik tingkat nasional yang di keluarkan olah Badan Peningkatan Penyelengaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) Pusat. 

“Alhamdulilah ini berkat kerja keras dari sleuruh stake holder yang ada di PDAM TKR sehingga raport kami di BPPSPAM terus meningkat. Tahun lalu, kami berada di peringkat ke-8 dan tahun ini menjadi peringkat kedua,” ujar Direktur Utama  PDAM TKR Rusdy Machmud saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (5/12/2018).

PDAM TKR terbaik kedua nasional, kata Rusdy, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Penilaian resmi  ini berdasarkan laporan evaluasi kinerja dari  Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP). PDAM TKR dianggap baik secara keuangan, pelayanan, Sumber Daya Manusia (SDM) serta operasional perusahaan. 

Prestasi ini, kata Rusdy, merupakan peningkatan yang signifikan bila dibandingkan tahun sebelumnya. Yang hanya menduduki peringkat 8 nasional, namun pada tahun ini prestasi PDAM TKR melonjak drastis kepolisian 2 dengan nilai 4,23 atau dibawah PDAM Pakuan Kota Bogor yang memperoleh nilai 4,38 sebagai pemuncaknya.

Rusdy mengaku sebenarnya bukan peringkat  yang menjadi kejaran dari PDAM TKR,  namun memberikan layanan terbaik kepada pelanggan serta mewujudkan PDAM TKR menjadi perusahaan yang sehat merupakan komitmen utama dari direksi, badan pengawas serta seluruh pegawai yang ada di PDAM TKR dari waktu ke waktu.

“Peringkat bagi kami jadikan reward atas kerja keras semua pihak untuk menjadikan PDAM TKR menjadi perusahaan yang sehat sehingga bisa memberikan layanan terbaik kepada masyarakat,” ujar Rusdy.

Dalam kesempatan itu Rusdy menjelaskan untuk menjadikan PDAM TKR sebagai perusahaan yang sehat tersebut pihaknya terus melakukan perbaikan di beberapa aspek keuangan, pelayanan, operasional serta sumber daya manusia.

“Alhamdulilah ternyata 4 aspek yang kami coba perbaiki seperti aspek keuangan, pelayanan, operasional serta sumber daya manusia ternyata menjadi indikator bagi BPPSPAM untuk menetapkan sehat tidaknya PDAM,” jelasnya.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat PDAM TKR Samsudin menambahkan tentunya dengan peningkatan peringkat PDAM menjadi PDAM Sehat kedua tingkat nasional ini tidak lantas membuat pihaknya berpuas diri. Peringkat ini justru menjadi tantangan bagi seluruh jajaran direksi, badan pengawas serta pegawai PDAM TKR untuk bisa mempertahankan bahkan meningkatkan terus kinerjanya.

“Kami bersyukur dengan peringkat yang kami raih ini. Namun hal ini menjadi tantangan kami untuk bisa mempertahankannya bahkan terus meninmgkatkannya,” ucap Samsudin. 

Sebelumnya, Ketua BPPSPAM  Bambang Sudiatmo mengatakan pada tahun ini ada 223 PDAM atau 57 persen dari 374 PDAM di Indonesia dianggap berkinerja sehat. Penilaian tersebut dilakukan demi melihat dan mengukur tingkat kinerja manajemen, efisiensi , dan efektivitas pengelolaan PDAM. (ran)

Post a Comment

0 Comments