Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Wagub: Alhamdulillah Saya Sudah Terdaftar Di DPT

Wagub Andika Hazrumy (baju batik) diapit 
oleh Komisioner KPU Banten Iim Rohimah 
dan Ketua KPU Kota Serang Heri Wahidin 
serta Pj Walikota Serang Ade Ariyanto.  
(Foto: Istimewa) 


NET – Masyarakat penting melakukan pengecekan data diri di Daftar Pemilih Tetap (DPT) secara langsung di kelurahan adalah untuk memastikan bahwa dirinya apakah sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum.

Hal itu dikatakan Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Banten Andhika Hazrumy saat menghadiri acara Partisipasi Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) dengan cara mengecek data diri secara serentak ke kantor desa dan kelurahan, di Kantor Kelurahan Cipocok Jaya, Jalan Bhayangkara, Kota Serang, Rabu (17/10/2018).

Pengecekan, kata Wagub, dilakukan dengan cara mencocokan data yang tertera pada papan pengumuman di kantor kelurahan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP). “Alhamdulillah, saya sendiri sudah terdaftar di Tempat Pemilihan Suara (TPS) 23 dan terdaftar secara tertulis di Kelurahan Cipocok Jaya,” ungkap Wagub.

Wagub memberikan apresiasi kepada Komisi Pemilih Umum (KPU) yang telah memberikan terobosan dalam memudahkan masyarakat untuk mengecek data diri sebagai pemilih melalui aplikasi KPU RI Pemilu 2019 yang dapat diunduh melalui play store.

Wagub berharap secara kepada seluruh jajaran terkait di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten untuk dapat mengupayakan agar seluruh stakeholder dan masyarkat untuk dapat melindungi hak pilihnya, serta mendorong kepada masyarakat agar peduli dalam mengecek data diri pada masing-masing wilayahnya. Wagub tidak menginginkan adanya permasalahan di kemudian hari lantaran tidak mengecek terlebih dahulu.

Pelaksanaan Pemilu 2019 nanti, kata Wagub, dapat berjalan dengan lancar, aman, dan damai. Tugas KPU dan Bawaslu cukup berat, karena Pemilu yang ada saat ini akan lebih rumit dari Pemilu sebelumnya. Masyarakat diharapkan dapat bekerjasama untuk menciptakan dan menjaga kondusifitas pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Presiden 2019 nanti.

Pemprov Banten, lanjutnya, secara internal telah membuat surat edaran khusus kepada jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk dapat mengecek data diri terkait hak pilihnya. ASN diharapkan menyampaikan ajakan ini kepada seluruh masyarakat di delapan kabupaten dan kota se-Provinsi Banten.

“Karena kita memiliki tanggung jawab bersama untuk mengawal proses demokrasi agar berjalan dengan sukses, baik, aman, dan damai. Karena Provinsi Banten menjadi salah satu barometer di Pulau Jawa dan tingkat nasional dalam hal kesuksesan Pemilu-nya,” ucap Wagub.

Sementara itu, Komisioner KPU Provinsi Banten Iim Rohimah mengatakan hari ini merupakan kegiatan GMPH yang dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia. Gerakan ini telah dilaksanakan mulai 1 Oktober hingga 28 Oktober 2018 mendatang oleh KPU Republik Indonesia (RI).

“Bagaimana bisa mengecek nama pemilih, apakah nama kita sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih? Itu bisa kita lihat dengan tiga cara,” uar Iim Rohimah.

Rinciannya, Iim Rohimah, pertama, datang ke kantor desa dan kelurahan. Kedua, mengecek daftar pemilih di website www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id. Ketiga, download aplikasi KPU RI PEMILU 2019 di Play Store. Kita bisa cek dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama depan lalu muncul datanya. Seandainya nama kita belum muncul, maka segera laporkan ke RT atau RW, atau ke petugas KPU.

Hari ini, lanjut Rohimah, secara serentak KPU mengundang para tokoh masyarakat dan para pejabat untuk bersama-sama mengecek apakah sudah terdaftar atau belum di masing-masing wilayah.

Hadir mendapingi Wagub, Pj Walikota Serang Ade Ariyanto, Asda I Pemerintah Provinsi Banten Anwar Mas’ud, Komisioner KPU Provinsi Banten Iim Rohimah, Ketua KPU Kota Serang Heri Wahidin, Panitia Pengawas  Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Cipocok Jaya beserta aparatur kecamatan dan kelurahan Cipocok Jaya, Kota Serang. (*/pur)



Post a Comment

0 Comments