UAS Tampil Di Masjid Al Azhom, Pukau Puluhan Ribu Jemaah

Baca Juga

Jemaah duduk pelataran Pusat Pemerintah
Kota Tangerang mengarah ke Masjid
Al Azhom mendengarkan ceramah UAS.
(Foto: Istimewa/EG) 


NET – Ustadz Abdul Somad (UAS) tampil memukau di hadapan sekitar 50 ribu orang di halaman Masjid Al Azhom, Jalan Satria Sudirman, dan kawasan Pusat Pemerintah Kota Tangerang, Jumat (28/9/2018) malam.

Kehadiran UAS untuk mengisi acara Tabligh Akbar menyambut Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1440 Hijriah yang digagas oleh Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kota Tangerang dan Pemerintah Kota Tangerang, meriah. Semula UAS akan tampil sekitar pukul 20:00 WIB tapi tertunda sekitar 53 menit karena terlambat sampai ke lokasi acara.

Meski begitu, warga dari berbagai penjuru daerah tersebut tetap sabar menunggu. Dengan membawa tema Hijrah: Pendidikan, Pergaulan, dan Memilih, UAS mengatakan bila hanya sekadar pindah tempat atau pindah rumah belumlah disebutkan sebagai hijrah.

Hijrah adalah meninggalkan perbuatan lama dengan menggantikan dengan perbuatan baru yang sesuai dengan ajaran Islam. Hijrah pendidikan yakni memasukan anak-anak ke sekolah Islam atau pondok pesantren. Namun bukan berarti meninggalkan pelajaran umum seperti Bahasa Inggris.

“Bahasa Inggris tetap penting. Namun, yang lebih penting membentuk sikap mental anak yang Islami yakni mengerti tentang ajaran agama Islam sejak usia dini,” ucap UAS.

Sedangkan hijrah pergaulan terutama terhadap anak remaja. “Kalau ada anak remaja sudah pacaran. Tinggalkan berpacaran tapi mulai dengan pacaran secara syariah,” ujar UAS.

Kalau belum bisa dilakukan secara syariah, kata UAS, berarti belum hijarh. Hijrah pergaulan bagi anak muda tanpa melakukan maksiat dan zina. Oleh karena perbuatan zina adalah sangat dimurkai oleh Allah Subhana Wa Taala.

“Kalau saya sebutkan hanya dua hijarh khawatir menjadi politis sehingga hijarh ketiga yakni Hijrah Memilih,” ungkap UAS.

Hijrah memilih, kata UAS, yakni saat melakukan pemilihan gunakanlah fikiran, mata yang tajam, dan hati yang mendalam. “Umat Islam jangan sampai salah memilih,” ujar UAS.

Kegunaan hijrah tersebut, kata UAS, diharapkan bila nanti mereka menjadi wakil rakyat bisa membuat peraturan daerah. Peraturan daerah berpihak Islam, misalnya, tentang menggunakan hijab bagi umat Islam. “Umat non-muslim tidak perlu kita atur cara berpakaiannya,” tutur UAS.

Jemaah tidak ada yang beranjak dari tempat duduknya dan tetap mendengarkan apa yang disampaikan UAS. Namun, setelah selama satu jam persis UAS menyampaikan ceramahnya, Jemaah tetap bertahan. Setelah UAS menutup mengakhiri dan menutup ceramahnya, barulah warga meninggalkan lokasi.

Sebelumnya, Walikota Tangerang H. Arief Rachadiono Wismansyah memberikan sambutan. Arief mengatakan kegiatan Festival Al Azhom dilaksanakan adalah yang kedelapan kali. “Kita setiap tahun terus memperbaiki acara ini sehingga menarik dan bermanfaat bari warga. Dengan menghadirkan Bapak Ustadz Abdul Somad, semoga memberi inspirasi bagi kalangan muda dan kita semua,” ucap Arief. (ril)


Post a Comment

0 Comments