Pemprov Kenalkan Banten Ke Dunia Lewat Asian Games 2018

Baca Juga

Petugas stand melayani pemberian cindera mata. 
(Foto: Istimewa)   

NET - Gubernur Banten H. Wahidin Halim bertekad membawa Banten ke kancah internasional, baik dalam bidang politik, ekonomi, perdagangan maupun pariwisata.  Dalam berbagai kesempatan Gubernur mengatakan Banten memiliki potensi besar untuk berbicara dalam level internasional.  Apalagi hubungan internasional sudah dirintis sejak jaman Kesultanan Banten.

“Saat itu, Banten sudah merupakan negara yang diperhitungkan dalam kancah internasional,” ujar Gubernur dalam sebuah kesempatan.

Sejak pada 18 Agustus 2018 sampai dengan 2 September 2018, Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaran pesta olahraga negara sebenua Asia, yang dikenal dengan Asian Games. Peristiwa tersebut dimanfaatkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten untuk mengenalkan Banten kepada dunia.  

Pemprov Banten melalui Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo) Provinsi Banten menggelar Pameran Foto Pembangunan dengan Tema Pesona Banten. Pameran berlangsung sejak pada 27 Agustus 2018 hingga 2 September 2018.  Kepala Diskominfo Banten Komari mengatakan pameran foto tersebut bertujuan mengenalkan Banten kepada dunia.

“Asian Games merupakan peristiwa yang tepat untuk mengenalkan Banten kepada dunia,” tutur Komari.

Apalagi, tambah Komari, salah satu venue Asian Games 2018, yaitu cabang olahraga (cabor) Modern Pentathlon berada di Provinsi Banten, tepatnya di SMA Adria Pratama Mulya, Tigaraksa, Kabupaten Tangerang.
Komari menjelaskan dalam kegiatan tersebut, Diskominfo menampilkan sedikitnya 44 buah foto, yang merupakan hasil karya jurnalis foto di Banten, mahasiswa, dan para pegawai di Lingkungan Pemprov Banten. Foto-foto tersebut ditempatkan di ruangan VVIP arena berkuda cabor Modern Pentathlon.

Tempat tersebut diisi oleh utusan Komite Olimpiade Iinternasional, utusan Komite Olimpiade Asian, Organisasi Modern Pentathlon Dunia, Organisasi Modern Pentathlon Asia, Komite Olah Raga Indonesia, Modern Pentathlon Indonesia,  utusan negar sahabat, dan unsur pemerintahan tingkat pusat dan daerah.  Selain itu, Diskominfo Provinsi Banten membuka stand foto dan cinderamata nuansa Banten yang berlokasi di sekitar pintu masuk VVIP, media dan tim broadcasting cabor Modern Pentathlon.

Dalam pameran foto pembangunan tersebut, foto yang ditampilkan menunjukkan Banten memiliki keberanekaragaman budaya, tempat wisata yang mempesona, kehidupan sehari-hari masyarakat hingga keramahan masyarakat Banten.

“Penyelengaraan pameran foto di arena Asian Games merupakan salah satu upaya Pemprov Banten untuk go internasional,” kata Komari.

Selain memamerkan foto, dalam kesempatan ini Diskominfo Provinsi Banten membagikan VCD tentang potensi Provinsi Banten dan membagikan cinderamata bernuansa Banten kepada para pengunjung stand pameran serta para wartawan lokal maupun internasional yang sedang meliput Asian Games cabang modern penthatlon.

Salah satu pengunjung pameran Amelia, 47, menyebutkan pameran foto pembangunan yang diadakan Diskominfo Provinsi Banten banyak memberikan informasi tentang budaya serta wisata yang ada di Provinsi Banten. "Senang datang di stand pameran, bisa lebih tahu tentang budaya Banten. Bisa lebih memperkenalkan ke anak-anak tentang wisata yang ada di Provinsi Banten.

“Foto-fotonya bagus dan menarik" ujar Amelia. (*/pur)

Post a Comment

0 Comments