Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Ketua DPR Harapkan Rakyat Dukung Atlet Pada Ajang Asian Para Games 2018

Bambang Soesatyo memindahkan nyala api 
Asian Para Games kepada Zulkifli Hasan. 
(Foto: Istimewa)   


NET - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Bambang Soesatyo mengajak seluruh elemen bangsa untuk selalu menggelorakan semangat peduli disabilitas. Dukungan penuh harus diberikan kepada seluruh atlet Indonesia yang akan bertanding pada Asian Para Games 2018. Kehadiran serta dukungan masyarakat dalam setiap arena menjadi suntikan semangat bagi para atlet yang bertanding.

"Mereka membuktikan keterbatasan fisik bukanlah halangan untuk berjuang mengharumkan nama bangsa. Justru dari merekalah kita belajar, puncak kekuatan manusia terletak pada semangat, ketekunan dan kerja keras. Bukan hanya sebatas pada rupa fisik semata," ujar Bsmbang Soesatyo (Bamsoet) usai acara pawai api obor Asian Para Games 2018 di halaman gedung DPR RI, Jakarta, Minggu (30/9/2018).

Pada acara tersebut, Bamsoet melakukan estafet api obor Asian Para Games kepada Ketua MPR RI Zulkifli Hasan (Zulhas). Zulkifli kemudian melanjutkan estafet api obor kepada Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang. Selanjutnya, Oso memberikan api obor kepada atlet Asian Para Games Indonesia Dylan Erlangga untuk melanjutkan estafet pawai obor ke tempat berikutnya.

Melalui ajang Asian Para Games 2018, Bamsoet mengingatkan untuk tidak memandang sebelah mata maupun mendiskriminasi para penyandang disabilitas. Dengan segala kemampuan yang dimiliki, para atlet Asian Para Games telah menunjukan bahwa mereka mampu berkompetisi dan meraih prestasi untuk bangsa dan negara.

"Setiap manusia mempunyai kekurangan dan kelebihan. Saudara-saudara kita penyandang disabilitas yang memilih menjadi atlet telah menunjukan bahwa mereka tetap bisa produktif. Karena itu, kita tak boleh merendahkan serta merasa paling unggul dari yang lain," jelas Bamsoet.

Kepala Badan Bela Negara FKPPI itu mengharapkan pemerintah pusat maupun daerah bisa menjadikan momen Asian Para Games 2018 sebagai titik tolak dalam menjalankan kebijakan publiknya. Terutama dalam memberikan perlindungan dan jaminan hak kepada para penyandang disabilitas.

"DPR RI sudah membuat Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyadang Disabilitas. Ini untuk mewujudkan kehadiran negara dalam memberikan pelayanan dan perlindungan, sehingga saudara-saudara kita penyandang disabilitas bisa terpenuhi haknya seperti dalam pendidikan, pekerjaan, fasilitas publik, transportasi serta kedudukan yang sama di muka hukum," tegas Bamsoet.

Bamsoet optimis Indonesia akan mengulang kesuksesan seperti di Asian Games 2018. Tak hanya sukses dalam penyelenggaraan, tetapi juga sukses meraih prestasi di berbagai cabang olahraga yang dipertandingkan.

"Prestasi sebagai tuan rumah, supporter, maupun perolehan medali yang sudah diperlihatkan pada Asian Games 2018, kita harus lanjutkan pada Asian Para Games 2018 ini. Jangan mengendurkan semangat dan dukungan. Kita harus tetap menjadi tuan rumah yang baik sekaligus menjadi peraih mendali emas terbanyak," pungkas Bamsoet. (*/ril)

Post a Comment

0 Comments