Gempa Lombok Minggu Malam 7 SR, Kepala BMKG: Tidak Potensi Tsunami

Baca Juga

Kepla BMKG Dwikorita Karnawati: masih dianalisis.
(Foto: Dokumentasi TangerangNet.Com)  

NET –Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menyatakan gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang terasa hingga wilayah Bali yang baru terjadi itu, tidak berpotensi tsunami.

“Gempa yang baru saja terajdi tidak berpotensi tsunami,” ujar Dwikorita Karnawati, menjawab pertanyaan wartawan, Minggu (19/8/2018) malam.

Berdasarkan info BMKG, gempa yang terasa hingga wilayah Bali itu terjadi pada pukul 21:56:27 WIB dan bermagnitudo 7 SR.  

Pusat gempa berada pada koordinat 8.28 Lintang Selatan dan 116.71 Bujur Timur atau pada 30 kilometer Timur Laut Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Dwikorita mengimbau masyarakat kepada warga yang berada di Lombok dan Bali tempat terjadinya gemp agar menjauh dari bangunan dan pergunungan. Pilihlah di lapangan terbuka dan mencari tempat yang lebih aman.

Gempa yang baru saja terjadi terjadi tersebut, kata Dwikorita, masih dianalisis. “Kita sedang menganilisis terhadap dampak akibat gempa tersebut,” ucap Dwikorita.

Kepala BMKG itu mengatakan di Indonesia setiap tahun terjadi 6.000 kali gempa yang tidak dirasakan warga. Sedangkan gempa yang terjadi dan dirasakan oleh warga berkisar antara 400 sampai 600 kali di seluruh Indonesia. (ril)

Post a Comment

0 Comments