Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pasokan Pangan Kota Tangerang Jelang Ramadhan Aman

Pjs Walikota Tangerang M. Yusuf (tengah) saat memberikan arahan. 
(Foto: Man Handoyo/tangerangnet.com)   

NET - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menjamin pasokan Sembilan bahan pokok (Sembako) selama bulan Ramadhan hingga hari Raya Lebaran nanti dipastikan aman. Masyarakat pun diminta tidak perlu khawatir akan terjadinya kelangkaan kebutuhan pokok di pasaran.

Hal tersebut terungkap dalam rapat Evaluasi Pembangunan yang dipimpin langsung oleh Pejabat Sementara (Pjs) Walikota Tangerang M. Yusuf didampingi oleh Sekretaris Daerah Dadi Budaeri di Ruang Akhlakul Karimah Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Senin (14/5/2018).

"Ada beberapa yang harus disikapi dan menjadi perhatian kita menjelang datangnya Ramadhan dan Lebaran. Terutama dari sisi keamanan dan ketertiban, termasuk juga soal inflasi dan suplai kebutuhan bahan pokok selama Ramadhan dan Lebaran," papar M. Yusuf.

"Kepada dinas terkait, saya minta untuk bisa mengantisipasi berbagai persoalan yang mungkin muncul selama Ramadhan dan Lebaran," imbuh Yusuf seraya meminta laporan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Perindustrian, dan Perdagangan soal stok serta pengendalian harga sembako jelang Ramadhan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Emed Mashuri di hadapan para pejabat yang hadir mengatakan pihaknya memberikan jaminan kepada masyarakat terkait ketersediaan sembako selama bulan Ramadhan hingga perayaan Idul Fitri nanti.

"Untuk stok beras berdasarkan data di Bulog Kota Tangeranf sampai hari ini sebesar 65616,80 ton. Insya Allah Aman sampai Lebaran," terangnya bahwa stok pangan di Kota Tangerang tersedia sampai Lebaran.

"Ini belum termasuk cadangan pangan beras disimpan di Bulog sebesar 184 ton dan pengadaan Pemkot sebesar 100 ton," ucapnya.

Emed menegaskan meskipun Kota Tangerang bukan produsen padi dan hasil pertanian lainnya, namun pihaknya kembali menjamin bahwa stok bahan pangan pokok menjelang Ramadhan dan Idul Fitri masih aman.

"Meskipun suplai kita mengandalakan dari daerah lain karena memang hasil pertanian kita baru bisa memenuhi 2 persen dari kebutuhan masyarakat," tuturnya.

Sementara itu, terkait pengendalian harga selama Ramadhan dan Idul Fitri, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Agus Sugiyono menerangkan pihaknya akan berkoordinasi dengan Bulog untuk melakukan operasi pasar termasuk juga dengan pengusaha retail dengan melakukan bazar di 15 titik.

"Rencananya, kita akan libatkan pengusaha retail untuk menstabilkan harga," ucap Agus. (man)

Post a Comment

0 Comments