Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Seba Baduy, Gubernur Banten: Alam Adalah Strategi Sumber Kehidupan

Gubernur Banten H. Wahidin Halim: jangan merusak alam. 
(Foto:  Istimewa)   

NET - Gubernur H. Wahidin Halim secara memberikan pesan khusus kepada seluruh warga Banten saat pembukaan acara prosesi serah terima 1.388 masyarakat Baduy dalam ritual Seba yang dipusatkan di Alun-Alun Barat, Kota Serang, Sabtu (21/4/2018).

Gubernur meminta masyarakat Banten untuk menjaga kelesatraian alam yang menjadi pusat kehidupan, khususnya bagi masyarakat Suku Baduy.

"Janganlah kita merusak alam, jangan merusak pantai, jangan merusak gunung-gungung yang memebrikan kontribusi bagi kehidupan kita. Alam bagi masyarakat Baduy adalah hal penting dan strategi sebagai sumber kehidupan" ujar Gubernur yang akrab disapa WH.

Gubernur WH juga menyampaikan apresiasinya bagi masyarakat Baduy yang sampai saat ini masih bisa menjaga budaya dan tradisi turun terumurn, di tengah hiruk pikuk kehidupan kota yang sudah terjamah oleh perkembangan teknologi komunikasi dan informasi.

"Di sana, tidak ada ujaran kebencian dan mereka hidup damai. Mereka tentram. Mereka tidak terpengaruh budaya luar dan termasuk budaya lainnya. Mereka adalah orang yang bertanggung jawab terhadap kelestaraian alam. Saya sebagai Abah Gede, sebagai Gubernur Banten mengucapkan selamat datang, saya selalu berdoa semoga saudara-saudara kita semua dari Desa Kanekes Suku Baduy tetap mempertahankan tradisinya" tutur Gubernur WH.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur juga meminta kepada kepala daerah kabupaten dan kota untuk mempu bersinergi dalam pengembangan budaya dan wisata di Provinsi Banten.

"Seba Baduy harus mampu menjadi ikon dan pengembangan budaya. Kalau dikelola dengan baik akan bisa mengalahkan daerah lainnya. Kita punya Bandara, yang saya kira itu sangat memudahkan akses bagi wisatawan untuk berkunjung ke Banten," ucap Wahidin.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Calendar of Event Kemenpar Esthy Reko Astuti sangat mengapresasi langkah Pemprov Banten dalam penyelenggaraan Seba tahun ini. Kemepar telah menetapkan Banten sebagai salah satu destinasi Prioritas yang ada di Indonesia.

"Kami sangat mengapresiasi Seba Baduy tahun ini. Baru kali ini saya melihat Seba yang sangat berbeda. Semoga Banten yang merupakan salah satu destinasi prioritas bagi Indonesia, terus dikembangkan khususnya 7 wonders of Banten, agar mampu mendatangkan wisatawan baik lokal maupun mancanegara," ujar Esthy saat memberikan sambutan. (*/ril)

Post a Comment

0 Comments