Ibu Dan Anak Selundupkan Narkotika Gunakan Pembalut Wanita

Baca Juga

Jaringan penyelundup narkotika internasional, tiga orang di antaranya wanita.
(Foto: Man Handoyo/tangerangnet.com)  

NET - Seorang ibu dan anak wanitanya, diamankan oleh petugas Bea dan Cukai Bandara Soekarno Hatta (Soetta), karena kedapatan membawa narkotika jenis sabu seberat 666 gram dengan cara disimpan di dalam pembalut yang dipakai.

Kepala Kantor Bea Cukai Soekarno-Hatta  Erwin Situmorang, Rabu (28/3/2018), mengatakan penangkapan terhadap RC, 40, dan NO, 20, di Terminal 3 Bandara Soetta, berawal dari kecurigaan petugas yang melihat gerak gerik kedua penumpang pesawat KLM Royal Dutch KL 809 rute Kuala Lumpur – Jakarta.

Begitu didekati dan dilakukan pemeriksaan secara mendalam di badan kedua orang itu, kata Erwin, petugas mendapati serbuk putih yang positif sabu di pembalut RC dengan berat 310 gram. Sedangkan di bembalut No petugas menemukan sabu seberat 356 gram.

Akibatnya, kata Erwin, Ibu dan anak itu diamankan untuk diperiksa lebih lanjut. Hasil dari pemeriksaan menyebutkan bahwa barang haram yang mereka bawa diperoleh dari seorang berkebangsaan Afrika (Nigeria) di Malaysia untuk dikirimkan ke salah satu alamat di Jakarta.  "Ibu dan anak ini diduga sebagai kurir narkotika jaringan Nigeria dan Malaysia," ungkap Erwin.

Setelah dikembangkan bersama Polres Kota Bandara, kata Erwin, petugas mengkap enam orang lainnya di kawasan Jakarta Utara dan Jakarta Pusat. "Dari enam orang yang ditangkap di Jakarta, satu orang di antaranya juga seorang wanita," ucap Erwin.

Sama halnya dengan Kapolres Kota Bandara Soeta AKBP Akhmad Yusep Gunawan menjelaskan setelah dilakukan pengembangan lebih lanjut, ternyata jaringan itu dikendalikan oleh salah seorang nara pidana (Napl) berkebangsaan Nigeria di lembaga pemasyarakatan di Jawa Tengah.

"Kasus ini masih kami kembangkan ke sana. Mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah bisa ditangkap untuk ditindak lanjuti," ujar Yusep Gunawan. (man)

Post a Comment

0 Comments