Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Kapolri Minta Pengamanan Pilkada Banten, Polda Banten Dan Metro Jaya Berkoordinasi

Kapolri Jenderal Tito Karnavian disambut Waka Polres
Metro Tangerang Kota AKBP Erwin.
(Foto: Istimewa)  
NET - Kapolri Jendral Polsi  Tito Karnavian meminta kepada Polda Metro Jaya dan Polda Banten agar terus melakukan koordinasi terkait keamanan pelaksanaan Pemilihan Kepala Derah (Pilkada) di Provinsi Banten.  Pasalnya berdasarkan penghitungan perolehan suara versi quick count antara pasangan Calon Gubernur/Wakil Gubernur Banten nomor urut 1, Wahidin Halim-Andika Hazrumi dan pasangan nomor urut 2, Rano Karno- Embay Mulya Syarief,  tipis.

"Ini sangat rawan. Karenanya, harus dikawal hingga real count nanti,'' ujar Kapolri Jendral Tito Karnavian, di hadapan Kapolda Metro Jaya Irjen M. Iriawan serta tiga Kapolres dan pimpinan wilayah di Tangerang Raya (kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Tangerang Selatan) di Polres Metro Tangerang, Kamis (162/2017).

Di tiga wilayah ini, kata Kapolri, sebagian wilayahnya berada di bawah Polda Metro Jaya dan sebagian lagi berada di Polda Banten, sehingga perlu koordinasi untuk mengantisipasi kerawanan dalam perjalanan penghitungan suara tersebut.

Namun demikian, kata Kapolri, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada semua unsur di Banten, yang telah melaksanakan Pilkada dengan lancar dan aman. Dan itu merupakan bukti bahwa masyarakat Benten sudah dewasa dalam melaksanakan pesta demokrasi.

Kondisi tersebut, kata Kapolri, juga terjadi di beberapa daerah yang menyelenggarakan Pilkada secara serentak pada 2017 ini. "Sampai hari ini, saya belum menerima laporan soal adanya insiden yang signifikan di Pilkada serentak ini,'" tutur  Kapolri.

Termasuk di DKI Jakarta yang sebelumnya dinyatakan rawan. " Alhamdulillah sampai saat ini di DKi Jakarta juga aman" ungkap  dia.

Begitu juga di Aceh, kata Kapolri, besok  akan berangkat ke Acrh untuk melakukan istigosah  bersama 6 pasangan calon.

Sementara itu, Kapolda Metro Jaya Irjen M. Iriawan mengatakan dalan rangka meningkatkan keamanan  pasca Pilkada Banten, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Polda Banten dan unsur pimpinan di tiga wikayah Tangerang Raya.

"Sampai saat ini, kondisi di Banten masih aman. Kita tetap siaga dengan cara menempatkan petugas di lapangan untuk terus mengawal proses Pilkada tersebut,"  pinta Kapolda.  (man)

Post a Comment

0 Comments