Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Polres Metro Tangerang Kota Gelar Patroli Skala Besar Antisipasi Tawuran Malam Hari

Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol 
Zain Dwi Nugroho dan Kabid Humas Polda Metro 
Jaya Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi saat 
berkunjung ke Pos Satkamling RW 07, Nusa Jaya. 
(Foto: Istimewa)  


NET - Guna mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas, termasuk aksi tawuran, Polres Metro Tangerang Kota menggelar Patroli Skala Besar malam hingga dini hari mulai pukul 24.00 WIB sampai menjelang subuh, Rabu (5/6/2024).

Patroli melibatkan ratusan personil gabungan, kegiatan diawali dengan apel malam dipimpin Kapolres Kombes Pol Zain Dwi Nugroho bersama Kabid Humas Polda Metro Jaya.

"Pelaksanaan patroli skala besar ini dalam rangka mencegah gangguan Kamtibmas termasuk tawuran antar kelompok remaja yang akhir-akhir ini meresahkan masyarakat," ujar Kapolres Kombes Pol Zain Dwi Nugroho.

Kapolres menjelaskan patroli adalah kegiatan yang paling efektif dalam rangka pencegahan kejahatan (crime preventif,red). Kehadiran 3 Pilar baik Polisi, TNI, dan Pemkot Tangerang di tengah masyarakat dapat menumbuhkan kepercayaan masyarakat karena rasa aman dan nyaman dapat tercipta dengan kegiatan patroli.

"Kehadiran petugas di lapangan tidak bisa diganti dengan teknologi informasi apapun," ucap Kombes Zain.

Zain mengatakan kegiatan ini merupakan atensi langsung Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Karyoto, dengan menugaskan para PJU Polda Metro Jaya mendatangi Polres Jajaran untuk memberikan asistensi dalam pelaksanaannya sehingga berjalan efektif dan tepat sasaran.

"Sebanyak 300 personil gabungan dilibatkan pada kegiatan Patroli Skala Besar ini , meliputi personel dari Polres, Kodim 0506/TGR , Satpol PP, Dishub Kota Tangerang," jelas Zain.

Pola kejahatan jalanan atau tawuran ini dinilai sangat tidak menentu polanya, seperti main kucing-kucingan dengan aparat. Kata Zain hal itu menjadi tantangan tersendiri bagi seluruh personel polri dalam melayani, mengayomi dan melindungi masyarakat.

"Di samping kegiatan Patroli, Polres Metro Tangerang Kota juga mendirikan  29 pos pantau guna mengantisipasi gangguan Kamtibmas di titik-titik rawan bertemu," terangnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda  Metro Jaya Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi mengatakan bahwa Kapolda Metro Jaya sangat memberikan atensi tehadap kehadiran personil kepolisian di tengah masyarakat.

Operasi Ini digelar secara serentak, melibatkan 26 pejabat Polda yang ditugaskan untuk turun bersama Kapolres dan jajarannya.

"Patroli skala besar ini serentak dilaksanakan seluruh Polres Jajaran. Menunjukan kepada masyarakat bahwa polisi di tiap Polres hingga Polsek itu ada di lapangan 24 jam melakukan patroli rutin maupun patroli skala besar guna memberikan rasa aman," ujar Ade.

Adapun tujuannya adalah memberikan rasa aman dengan adanya patroli 3 pilar berseragam. Dan ini diharapkan mampu mencegah. Walaupun disisi lain kegiatan pre-emtif itu terus dilakukan petugas.

"Patroli ini harus efektif, efisien dan tepat sasaran berdasarkan karakteristik kriminologi atau pola kejahatan yang terjadi saat ini," tuturnya.

Pada kegiatan Patroli Skala Besar tersebut, Kapolres dan Kabid Humas Polda Metro Jaya menyambangi Pos Satkamling RW 07 Kelurahan Nusa Jaya, Kecamatan Karawaci untuk mengetahui kesiapan warga dalam menghadapi Gangguan Kamtibmas dan menampung aspirasi maupun keluhan warga masyarakat terkait masalah Kamtibmas di lingkungannya. (*/pur)


Post a Comment

0 Comments