Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

“Optimalkan Pemberdayaan UMKM Halal, Terus Sosialisasikan Masahal Dan Bangfami”

Pj Walikota Tangerang Dr. Nurdin.
(Foto: Istimewa)  


NET - Upaya optimalisasi pemberdayaan Usaha Mikro Kecil, dan Menengah (UMKM) yang penting untuk diperhatikan adalah kualitas dan kontinuitas produk serta kompetensi dari pelaku usahanya.

"Pemerintah Kota Tangerang senantiasa mendukung berbagai prorgram pengembangan kompetensi, pelatihan serta fasilitasi seperti uji lab gratis dan tentunya sertifikasi halal gratis," ujar Pj Walikota Tangerang Dr. Nurdin, Selasa (19/3/2024).

Nurdin mengatakan hal itu pada Webinar Optimalisasi Pemberdayaan UMKM secara daring di Kota Tangerang dengan tema Penguatan Produk Ekonomi Lokal yang Halal Menuju Pasar Global, yang diikuti oleh para perwakilan perangkat daerah terkait, serta para pelaku UMKM se-Kota Tangerang.

Terkait dengan produk UMKM Halal, Nurdin meminta kepada para perangkat daerah terkait untuk terus mendorong Program Masahal dan Bangfami.

"Nah, Masyarakat Sadar Halal atau Masahal ini, harus terus kita sosialisasikan serta edukasikan kepada masyarakat tentang pentingnya kesadaran akan produk yang halal. Kemudian, harus ada yang namanya Bangfami atau Pembangunan Fasilitas yang Islami. Tentunya ini sesuai dengan tagline dan visi, misinya Kota Tangerang yakni Kota yang Akhlakul Karimah," ucap Nurdin.

"Lalu berikutnya adalah tentunya pengembangan produk halal. Sertifikasi halal harus kita dorong terus melalui seminar, lokakarya, bagaimana cara membuat produk halal. Cara agar memperoleh sertifikasi halal itu semua harus dilengkapi dengan langkah-langkah pendampingan agar masyarakat kita benar-benar bisa menghasilkan produk UMKM yang halal," tutur Nurdin berharap.

Untuk itu, melalui webinar yang menghadirkan Ketua Umum Persatuan Saudagar Muslimah Indonesia,  Siti Nur Azizah Ma'ruf Amin tersebut, mantan Kepala Pusdatin itu berharap perangkat daerah terkait dan para pelaku UMKM dapat memanfaatkan kegiatan tersebut untuk menambah wawasan dan pengetahuan dalam upaya optimalisasi pemberdayaan UMKM di Kota Tangerang.

"Semoga melalui kegiatan webinar dan diskusi ini dapat semakin menambah wawasan kita bersama dalam mengembangkan UMKM kita menuju UMKM yang go halal dan go global," tukas Nurdim. (*/pur)


Post a Comment

0 Comments