Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Bandara Soetta Perhatikan Pelestarian Penyu Guna Bangkitan Pariwisata Banten

Executive General Manager KCU Bandara 
Soetta Dwi Ananda Wicaksana melepas penyu. 
(Foto: Istimewa)  


NET - Dengan semangat 'Mendorong Kebangkitan Industri Pariwisata di Provinsi Banten', PT Angkasa Pura (AP) II melalui Kantor Cabang Utama (KCU) Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) gelontorkan dana sebesar Rp 120 juta.

Penyerahan dana untuk pengembangan sarana dan prasarana Pelestarian Penyu, pembelian alat kerja UMKM (Usaha Mikro Kecil, dan Menengah) dan fasilitas pendukung Sanggar Seni Budaya ini dilaksanakan di Lalasa Beach Club Tanjung Lesung, Kabupaten Pandeglang, Banten, Kamis (10/8/2023).

Executive General Manager KCU Bandara Soekarno-Hatta Dwi Ananda Wicaksana mengatakan bantuan tersebut merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan untuk kebangkitan Pariwisata Provinsi Banten.

"Hari ini, kami menjalankan program TJSL perusahaan untuk mendukung kebangkitan pariwisata Provinsi Banten. Sebagai salah satu perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara-red) yang berada di wilayah Banten, kami harap sedikit kontribusi ini dapat membantu dalam mewujudkan pariwisata berkelanjutan (Suistanable Tourism) yang memperhatikan dampak terhadap lingkungan, sosial, budaya, serta ekonomi untuk masa kini dan masa depan, baik bagi masyarakat lokal maupun wisatawan," kata Dwi Ananda.

Adapun dana bantuan yang disalurkan antara lain untuk pengembangan sarana dan prasarana Rumah Pelestarian Penyu yang dikelola oleh Komunitas 'Sahabat Penyu' sebesar Rp 100 juta. Sedangkan Rp 20 juta untuk pembelian alat kerja UMKM dan fasilitas pendukung Sanggar Seni Budaya di daerah tersebut.

"Kami harap program ini dapat memberikan peran positif dalam peningkatan berbagai sektor dan mendorong pertumbuhan perekonomian masyarakat sekitar," ujar Dwi Ananda.

Dwi Ananda menjelaskan selain mendorong kebangkitan sektor pariwisata pasca pandemi Covid-19, Bandara Soekarno-Hatta telah menjalankan program terintegrasi dari hulu hingga hilir untuk mendorong UMKM naik kelas mulai dari inkubasi, pelatihan, pembiayaan, pendampingan, hingga promosi, dan pemasaran produk.

"Sejak awal tahun 2023 ini, kami telah memberikan panggung bagi pelaku UMKM untuk memperluas promosi dan pemasaran produknya di Gerai Nusantara Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Fasilitas tersebut diberikan secara gratis untuk perluasan promosi dan pemasaran yang diharapkan dapat mengakselerasi UMKM untuk naik kelas dan memperluas jaringan ke pasar global," jelasnya.

Sekadar diketahui, pelaksanaan TJSL Program Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan dengan mengusung tema 'Jelajah Negeri Berjuta Pesona' ini dilaksanakan secara serentak di 18 Objek Wisata Wilayah Kantor Cabang Bandara PT Angkasa Pura II. Program ini merupakan rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun ke-39 PT Angkasa Pura II. (*/pur)

Post a Comment

0 Comments