Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Kuartal Pertama 2023, Inflasi Kota Tangerang Terendah Di Indonesia

Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah 
ikut rapat pengendalian inflasi nasional. 
(Foto: Istimewa)  


NET - Kota Tangerang kembali terpilih sebagai best practice pengendalian inflasi di Indonesia oleh Kementerian Dalam Negeri RI. Hal ini seiring dengan capaian rendahnya angka inflasi di Kota Tangerang dibanding kota lain di Indonesia.

Walikota Tangerang H. Arief R. Wismansyah yang diundang dalam rapat Pengendalian Inflasi Tingkat Nasional mengungkapkan pada kuartal pertama atau hingga Maret 2023, tingkat inflasi di Kota Tangerang year on year sebesar 3,75 persen, yang menjadi Kota Tangerang dengan tingkat inflasi terendah di Indonesia.

"Lima komoditas penyumbang inflasi di antaranya bensin, sewa rumah, beras, tukang bukan mandor dan rokok kretek filter," ujar Arief saat ditemui seusai acara, Selasa (4/4/2023).

Arief menerangkan beberapa langkah yang dilakukan oleh Pemkot Tangerang untuk menekan laju inflasi daerah dengan gencar menggelar bazar murah kebutuhan harian serta yang paling anyar adalah peluncuran gerakan bayar zakat serentak.

"Konsepnya adalah kolaborasi dengan berbagai pihak agar daya beli masyarakat tetap terjaga serta menekan kenaikan harga kebutuhan pokok," paparnya.

Bukan hanya itu, Walikota menjelaskan terkait berbagai program yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Tangerang untuk menekan laju inflasi daerah hingga kuartal pertama 2023.

Grafik pengendalian inflasi.
(Foto: Istimewa)  


"Di antaranya pelaksanaan operasi pasar, gerakan menanam, sidak pasar untuk menjaga stabilitas harga, realisasi BTT (Belanja Tidak Terduga-red), subsidi transportasi dan menjalin kerja sama dengan daerah penghasil komoditi untuk kelancaran pasokan," tutur Arief.

Dengan dilakukannya enam program utama dan berbagai kegiatan pendukung penurunan inflasi, Walikota menyebutkan adanya dampak positif selain terjaganya tingkat inflasi di Kota Tangerang.

"Yakni angka Indeks Harga Konsumen (IHK) bulan Maret pada angka 112,70," tukas Walikota. (*/pur)


Post a Comment

0 Comments