Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Arief Serahkan LKPD Kota Tangerang Kepada BPK Banten Di Kota Serang

Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah
menyerahkan dokumen LKPD kepada
Kepala BPK Perwakilan Provinsi 
Banten Emmy Mutiarini.
(Foto: Istimewa) 

 

NET - Walikota Tangerang H. Arief R. Wismansyah menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran (TA) 2022 (Unaudited) kepada Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Banten.

Walikota mengungkapkan penyampaian LPKD merupakan bentuk pertanggungjawaban dari pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk diperiksa oleh BPK. Nantinya hasil pemeriksaan akan memberikan penilaian akan kualitas pelaporan keuangan pemerintah daerah.

"Kita harapkan akan mendapat hasil yang baik dalam setiap berakhirnya pelaksanaan tahun anggaran," ujar Walikota di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Banten, Kota Serang, Kamis (9/3/2023).

Arief menjelaskan dalam pelaksanaan APBD TA 2022, realisasi penerimaan pendapatan daerah sebesar Rp 4,27 triliun atau 100,63 persen dari anggaran pendapatan sebesar Rp 4,24 triliun. Sedangkan untuk realisasi belanja daerah mencapai Rp 4,43 triliun atau 90,32 persen dari anggaran Rp 4,91 triliun.

"Terdapat sisa pembiayaan anggaran sebesar Rp 500,84 miliar," ucap Walikota.

Realisasi belanja tersebut, kata Walikota, dioptimalkan dalam berbagai program utama, antara lain bidang pendidikan sebesar 29,18 persen, kesehatan 18,14 persen, infrastruktur sebesar 47,40 persen, dan peningkatan kompetensi SDM sebesar 1,05 persen.

"Serta alokasi untuk aparat pengawas internal pemerintah sebesar 0,51 persen," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala BPK Perwakilan Provinsi Banten Emmy Mutiarini yang menerima langsung LKPD Kota Tangerang TA 2022 menuturkan berbagai proses yang ada mulai dari penyusunan hingga pemeriksaan merupakan proses yang berulang setiap tahun, yang diharapkan adanya perbaikan kualitas dari laporan keuangan tiap tahunnya.

"LKPD ini bisa dijadikan acuan oleh pihak legislatif dan eksekutif dalam pengambilan keputusan yang bertujuan untuk menyejahterakan rakyat," ungkap Emmy.

Emmy menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang yang telah meraih opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) sejak penyampaian LKPD pada 2007 lalu hingga tahun lalu, yang merupakan hasil dari kerja cerdas, kerja ikhlas serta doa dari seluruh pegawai Pemkot Tangerang.

"Yakinlah bahwa usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil," tutur Kepala BPK Perwakilan Provinsi Banten. (*/pur)

Post a Comment

0 Comments