Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Kota Tangerang, Permudah Pembuatan Akta Kelahiran Dan KIA Dari Sekolah

 

Sekda Kota Tangerang H. Herman 
Suwarman saat memberikan arahan 
kepada peserta STAR. 
(Foto: Istimewa) 
 

NET - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang kembali menggelar kegiatan Diseminasi Informasi Kependudukan Tahun 2022 secara daring dan luring di Ruang Akhlakul Karimah, Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Jalan Satri Sudirman, Selasa (20/12/2022).

Kegiatan kali ini diikuti oleh 117 orang dari kepala satuan pendidikan PAUD, TK, SD, hingga SMP se-Kota Tangerang untuk mengetahui inovasi program terbaru dari Disdukcapil Kota Tangerang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota yakni Sekolah Tuntas Administrasi Kependudukan (STAR).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang H. Herman Suwarman menerangkan program STAR merupakan inovasi pelayanan pembuatan Akta Kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA) bagi anak usia 0-17 tahun dari sekolah.

"Inovasi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kependudukan dengan mempermudah dan mempercepat pembuatan Akta Kelahiran & KIA dari sekolah," tutur Herman.

Herman menuturkan tentang kondisi capaian dokumen Akta Kelahiran dan KIA saat ini.

"Saat ini Akta Kelahiran mencapai 95,58 persen dan KIA mencapai 50,55 persen. Untuk itu, saya menginginkan target tersebut mencapai 100 persen pada tahun yang akan datang," tutur Herman. 

Herman berharap dari kegiatan ini, seluruh petugas pelaksana program STAR dapat memahami program dan memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.

"Saya harap pihak yang terlibat dapat memaksimalkan pelayanan sehingga berjalan dengan baik dan mencapai target," harap Herman.

Sekretaris Disdukcapil Kota Tangerang Ayi Nuryadin menjelaskan pada kegiatan hari ini diinformasikan mengenai pelayanan identitas kependudukan digital bagi guru, staff, dan pegawai.

"Pada kesempatan ini disampaikan mengenai pelayanan identitas kependudukan digital bagi guru, staff, dan pegawai sebelum dilaunching ke masyarakat luas," jelas Ayi.

Sebagai informasi kegiatan tersebut menghadirkan narasumber yaitu Rumanti, Kanit PPA Polres Metro Tangerang Kota, untuk menginformasikan pentingnya dokumen kependudukan bagi siswa/siswi sebagai bagian dari proses perlindungan perempuan dan anak. (*/pur)

 



Post a Comment

0 Comments