Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Penanganan TBC Kota Tangerang Dinilai Bagus, Menkes Beri Penghargaan

Menkes Budi Gunawan Sadikin dan 
Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah
beserta wakil dari Surabaya dan Makassar.
(Foto: Istimewa)  


NET - Program penanganan penyakit Tuberculosis (TBC) yang dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang dengan melibatkan peran serta berbagai pihak mulai dari akademisi, organisasi masyarakat, kader, dan swasta. Apresiasi tersebut ditandai dengan diterimanya penghargaan dengan predikat kinerja baik Atas Kerjasama Multi Sektor Dalam Rangka Percepatan Eliminasi TBC di Kota Tangerang.

Atas penanganan TBC tersebut, Menteri Kesehatan Budi Gunawan Sadikin memberikan penghargaan kepada Kota Tangerang bersama dengan Kota Surabaya dan Kota Makassar.

Walikota Tangerang H. Arief R. Wismansyah  menuturkan capaian ini merupakan buah kerja keras dan kerjasama yang telah dilakukan oleh seluruh unsur yang ada di Kota Tangerang, mulai dari masyarakat hingga tenaga kesehatan.

"Apresiasi ini tidak lepas dari peran serta masyarakat, sektor kesehatan swasta, orang tua, para kader yang terlibat dalam menanggulangi TBC," ungkap Arief usai acara High Level Meeting Tuberculosis 2022 di Hotel Shangrila, Kota Surabaya, Jawa Timur, Rabu (9/11/2022).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Dini Anggraeni yang turut hadir dalam acara tersebut mengatakan upaya pencegahan dan penanganan TBC di Kota Tangerang dilakukan secara terstruktur dan kolaboratif dengan melibatkan peran serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Tangerang.

"Seperti bedah rumah contohnya, buruknya sirkulasi udara sehingga rumah menjadi lembab dan itu menyebabkan berkembangnya bakteri yang mengakibatkan TBC," ucap Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes).

Bukan hanya itu, kata Dini, upaya lain yang dilakukan antara lain pemenuhan fasilitas layanan pengobatan dan skrining TBC di 37 Puskesmas dan 34 rumah sakit, pembentukan 1.000 kader asmara TBC termasuk juga keterlibatan komunitas sekolah melalui gerakan RANSEL TBC dan Penguatan DPPM–KOPI TBC yang di antaranya terdiri atas organisasi profesi.

"Hal lain, kita sedang upayakan juga Rumah Isolasi TBC dan makanan tambahan bagi pasien TBC," tukas Dini. (*/pur)


Post a Comment

0 Comments