Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Titik Banjir Akibat Hujan Lebat Kota Tangerang Kian Berangsur Surut

Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah 
di wilayah Ciledug dan genangan air. 
(Foto: Istimewa)  


NET - Intensitas hujan yang tinggi pada Jumat (15/7/2022) sore hingga Sabtu (16/7/2022) pagi menyebabkan sejumlah wilayah di Kota Tangerang terdampak banjir.

Walikota Tangerang H. Arief R. Wismansyah didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang Deni Koeswara serta Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tangerang Ruta Ireng, meninjau langsung beberapa titik lokasi di wilayah Kecamatan Ciledug yang terdampak banjir.

“Curah hujan dari kemarin sore cukup tinggi, sehingga di beberapa titik debit air tinggi dan berdampak banjir,” ungkap Arief saat melakukan pengecekan lokasi banjir di Perumahan Pinang Griya, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang.

Pemantauan langsung di sejumlah lokasi tersebut, tinggi air sejak dini hari akibat luapan air sungai dan tanggul yang jebol hingga siang hari sudah berangsur surut.

“Sejak semalam petugas sudah bergerak melakukan evakuasi dan penanganan di wilayah banjir. Kini sudah berangsur surut sekitar 30 centimeter dan kita upayakan terlebih dahulu menggunakan tanggul sementara,” tutur Arief.

“Bantuan, Alhamdulillah sudah kita persiapkan dan salurkan, jajaran TNI Polri juga turut membantu, harapan semua semoga bisa cepat surut,” ujar Arief.

Hingga Sabtu (16/7/2022) siang akses jalan di kawasan Perumahan Ciledug Indah yang sebelumnya terputus akibat banjir kini sudah bisa dilalui kendaraan.

Di lokasi lain, Wakil Walikota Tangerang H. Sachrudin juga meninjau sejumlah lokasi titik banjir di wilayah Ciledug serta memantau sejumlah jalur aliran sungai yang berdampak pada wilayah banjir di Kota Tangerang.

Kepala BPBD Kota Tangerang Deni Koeswara menjelaskan sejumlah titik yang terdampak akobat curah hujan yang cukup tinggi dan mengakibatkan banjir di sejumlah wilayah.

“Ada 19 titik terdampak di 4 kecamatan, sejauh ini personil dan bantuan sudah kita kerahkan, mulai dari perahu karet, pompa penyedotan, dan posko dapur umum bekerjasama dengan OPD terkait,” pungkas Deni.

Sebagai informasi, upaya penanggulangan terus dilakukan oleh berbagai pihak di antaranya mendirikan posko bantuan, posko kesehatan, penambahan kisdam serta dapur umum untuk didistribusikan kepada warga terdampak. Masyarakat bisa menghubungi layanan Tangerang Siaga 112 jika mengalami keaadaan darurat salah satunya kondisi banjir.  (*/pur)

Post a Comment

0 Comments