Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Tersebar Sekolah Unggulan Swasta Di Kota Tangerang

Siswa SMP swasta pun mampu bersaing dengan  
siswa SMP negeri dalam bidang olahraga. 
(Foto: Istimewa)  


NET - Dinas Pendidikan Kota Tangerang melakukan pemerataan pendidikan sehingga seluruh anak di Kota Tangerang memiliki kesempatan dan hak yang sama untuk bersekolah. Beberapa bantuan diberikan oleh Pemerintah Kota Pemkot Tangerang untuk membantu siswa tidak mampu guna bersekolah di sekolah swasta.

Kepala Bidang Sekolah Menengah Pertama (SMP) Dinas Pendidikan Eni Nurhaeni mengatakan ada sederet program yang dihadirkan oleh Pemkot Tangerang untuk membantu para siswa/siswi yang kurang mampu di sekolah swasta.

"Beberapa program yang kami siapkan yaitu biaya uang pangkal, Bantuan Operasional Pendidikan (BOP), dan Tangerang Cerdas. Semua diberikan bagi warga yang kurang mampu. Nanti, semua akan diverifikasi kembali di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)," ungkapnya.

Kepala Sekolah SMP Dharma Siswa Mislidar menyatakan sekolahnya menerima bantuan-bantuan tersebut dan siswa tidak perlu membayar untuk kebutuhan lainnya.

"Jadi dari Rp 1 juta, kita hanya ambil Rp 200 ribu untuk biaya perawatan gedung. Sisanya dialihkan untuk seragam, LKS, penilaian tengah dan akhir semester," ujarnya.

Sebagian besar orang tua, memilih sekolah juga berdasarkan akreditasi. SMP Dharma Siswa dan sudah memiliki akreditasi A.

"Alhamdulillah, kami sudah mendapatkan akreditasi A dan mudah-mudahan dapat mempertahankannya. Untuk sarana dan prasarana. Di sini, kami sudah memiliki dua lab computer," pungkas Mislidar.

Kepala Sekolah SMP Nurul Hikmah Siti Nur'aini mengatakan di sekolahnya sudah tidak ada biaya yang dibebankan ke pada siswa. Biaya yang diberikan SMP Nurul Hikmah untuk pendaftaran sebesar Rp 595 ribu.

"Jadi, karena ada bantuan dari Pemkot Tangerang terkait uang pangkal sebesar Rp 1 juta. Sisa dari uang pangkal tersebut, kami alihkan untuk tiga seragam, LKS, dan buku paket serta operasional lainnya," paparnya.

Sama seperti SMP Dharma Siswa, SMP Nurul Hikmah pun sudah berakreditasi A dan memiliki beberapa fasilitas yang mendukung para siswa untuk belajar.

"Kami sudah memiliki lab komputer, lab IPA, dan beberapa ekstrakurikuler yang mendukung kegiatan siswa. Seperti Paskibra, futsal, dan lainnya. Untuk prestasi, kita pernah menjuarai pencak silat, futsal, dan saman," katanya.

Salah satu orang tua siswa, Dewi Anggraeni bersyukur anaknya mendapatkan bantuan pendidikan dari Pemkot Tangerang. Ia berharap bantuan seperti ini terus berlanjut.

"Alhamdulillah, saya merasa terbantu dengan adanya bantuan ini. Ada bantuan uang pangkal, BOP, beasiswa dan lain-lain. SMP Dharma Siswa juga sudah bagus untuk fasilitas-fasilitasnya. Mudah-mudahan bisa dapat bantuan ini sampai anak saya lulus nanti," harapnya.

Hal senada diungkapkan oleh Komariah, dengan banyaknya anak yang ia miliki, bantuan seperti ini meringankan pengeluaran yang bisa dialihkan ke hal lain.

"Semoga anak-anak saya ini bisa dapat bantuan juga karena akan disekolahkan di SMP Nurul Hikmah ini semuanya. Fasilitasnya juga bagus dan tidak kalah dengan sekolah swasta," ucapnya. (*/pur)

Post a Comment

0 Comments