Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

DKM Nururrohman Hidupkan Kembali “Lebaran Ketupat”

Warga memenuhi Masjid Nururrohman 
untuk ikut "Lebaran Ketupat". 
(Foto: Istimewa) 


NET - Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Nururrohman, Kelurahan Batusari, Kecamatan Batuceper, Kota Tangerang, menggelar acara Halal BI Halal ( Halbil ) yang dikemas dengan istilah "Lebaran Ketupat 1443 H".

Acara yang diselenggarakan pada Minggu, 15 Mei 2022 M/ 14 Syawal 1443 H dibanjiri oleh jama'ah  Masjid Jamie Nururrohman yang meliputi jama'ah dari masing-masing Mushalla yang bernaung dalam ruang lingkup DKM Nururrohman. Yakni Mushalla At-Taqwa, At-Taubah, Nurul Islam, Assalam dan Al-Hidayah serta lingkungan warga RT 01 RW 05 dan RT 02 RW 05 Kelurahan Batusari.

Acara "Lebaran Ketupat" yang baru pertama kali diselenggarakan ini digelar cukup meriah ditandai dengan jama'ah yang hadir membeludak karena setiap mushalla dan lingkungan warga RT 01 dan 02 membawa serta  masyarakatnya.

Selain itu, beragam konsumsi yang disajikan pun hasil gotong royong dari jama'ah dan masyarakat di dalamnya. Seperti Mushalla At-Taqwa menyajikan minuman segar dan sehat Bir Pletok, Selendang Mayang dan ketupat dengan sayur lodehnya. Mushalla At-Taubah menghidangkan ketupat sayur opor ayam kampung dan buah-buahan.  Sedangkan jama'ah  Mushalla Assalam  menghidangkan ketupat dengan sayur lodeh dicampur tetelan daging sapi  . 

Berbeda pula  dengan warga RT 01 RW 05. Ibu- ibu warga RT 01 yang jago masak  menyajikan lontong dengan menu sayur telor puyuh ditambah pula  air mineral, kue, dan buah-buahan segar.  Ada pula kue Gemblong dan Bakpaw yang disajikan oleh jama'ah Mushalla Al-Hidayah. Dan masih ada lagi laksa, bakso yang dihidangkan oleh warga RT 02 RW 05 yang merupakan tuan rumah sebagai jama'ah utama karena lokasi Masjid Nururrohman berada di wilayah RT  02 RW 05.

Acara Lebaran Ketupat ini membangun suasa batin para jama'ah yang hadir.  Rasa kebersamaan dan bermaaf - maafan terjalin begitu akrabnya. Suka cita dan kegembiraan menyelimuti rasa haru melebur dalam suasana seakan terjadi pada hari pertama Idul Fitri.

Selain jama'ah yang melimpah  ruah memenuhi halaman dan ruangan Masjid Jamie Nururrohman, unsur Pengurus DKM pun hadir dengan lengkap.

Ketua Dewan Pembina Ustadz Rudi Salam HS  dan Sekretarisnya Asnawi Muchtar beserta jajarannya tampak dalam kerumunan jama'ah lainnya.

HR Mahyudin, AH  selaku Ketua Dewan Penasihat dan Sekretaris HR Syaripudin alias Bang Tago beserta anggota Dewan Penasihat lainnya, ikut sibuk menerima para tamu dengan ramah.

Para tamu undangan yang hadir pun cukup antusias di antaranya: Camat Batuceper Katrina Iswandari S, STP, M. Si. Lurah Batusari Jariri Sudirja, Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Tangerang Apanudin, ST. 

Hadir pula organisasi serta komunitas seni dan budaya yang berada di sekitar Batuceper dan Benda antara lain:  Ardiansyah - Cadut Ketua Komiter Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Batuceper beserta anggotanya. Ketua dan Sekretaris Karang Taruna Batusari Fazrul  dan Fachrudin beserta anggota.  Ketua LPM Batusari Donny Firdaus yang dikawal anggotanya. 

Para kader Kelurahan Batusari,  Ormas Pemuda Pancasila,  Ansor, Forum Betawi Rempug (FBR), Badan Pembina Potensi Keluarga-besar Banten (BPPKB), Paguyuban Kapas Batusari Pimpinan Joni Zaenudin,  sanggar Beksi Mata Rantai Marhali "Kong Zen"  Batusari - Pimpinan Wawan dan Sanggar Beksi Jawara Ceper  Benda Bersatu dari Kecamatan Benda Pimpinan Marwan.

Wawan, S. Kom selaku pembawa acara dan Dasuki Carera mengemas acara ini dengan penuh canda .

Dan sesekali diteriakan Yel yel: "Jama'ah Akur - Masjid Makmur " yang disambut serempak  oleh Jama'ah dengan teriakan Yel yel yang sama.

Ketua Panitia Pelaksana H. Joun alias Ikbaludin  dalam sambutannya mengatakan:  "Acara ini sepenuhnya dibiayai oleh jama'ah yang berada dalam naungan Masjid Jamie Nururrohman dan tidak menggunakan Cash Masjid”.

“Atas partisipasi dan dukungan serta kehadiran jama'ah menyukseskan acara ini, saya ucapkan terimakasih dan mohon masukan serta nasihat yang positif jika terdapat kekurangan ".

Warga mendengarkan sambutan 
yang disampaikan panitia terkait 
Lebaran Ketupat. 
(Foto: Istimewa) 

Robi. S.Ak, Ketua DKM menyampaikan, "Acara Lebaran Ketupat bersama DKM Nururrohman ini harus dilestarikan. Sesuai dengan Tema pada malam ini adalah: "Merawat Tradisi, Menjaga Silaturahmi".

“Tradisi ini, kita bangun dan kita hidupkan kembali.   Untuk membangun dan menghidupkannya kembali diperlukan komunikasi yang intens kepada berbagai pihak”.

Robi berharap tradisi ini hidup kembali dan menjadi elok di tengah masyarakat. Kemudian ini harus dirawat supaya berkesinambungan dan setiap momen Idul Fitri bisa diselenggarakan .

“Begitu pula silaturahmi, ini pun harus kita jaga agar masyarakat selalu kompak dan bersatu dalam setiap kegiatan keagamaan ataupun kegiatan lainnya yang positif,” tutur Robi.

Secara khusus DKM Nururrohman mempunyai motto atau tagline Jama'ah Akur - Masjid Makmur yang sejak dari tadi sudah bereriak Yel-yelnya oleh pembawa acara Bang Wawan. 

Apabila kita sepakat untuk menjaga silaturahmi maka kita optimis bahwa "Jama'ah Akur - Masjid Makmur" akan terwujud.

Camat Batuceper Katrina Iswandari yang mendapat penghormatan untuk menyampaikan sambutan serta pesan dan kesan  dalam acara ini. Pesan Camat kepada masyarakat Batuceper khususnya yang hadir pada malam ini: "Mari bersama kita jalin silaturahmi dengan baik”.

“Pada suasana acara Lebaran Ketupat bersama DKM Nururrohman ini, saya selaku pribadi dan selaku Camat serta atas nama Pemerintah Kota Tangerang mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri minal Aidin wal Faidzin mohon maaf lahir dan batin,” ucap Katrina.

“Selanjutnya, saya mengapresiasi acara ini. Bahwa semenjak, saya menduduki jabatan Camat di Batuceper ini baru pertama kali ini. Saya mengikuti dan mendapatkan acara tradisi dan  budaya seperti ini dengan  audens atau yang menghadiri begitu antusias hingga melimpah ruah . Saya pun mengapresiasi bahwa acara ini terselenggara dengan biaya gotong royong para jama'ah dan  tanpa menggunakan uang cash Masjid,” tutur Katrina.

“Saya berharap acara seperti ini terus dilestarikan dan bukan hanya di Batusari saja tetapi bisa menjadi contoh sehingga dapat diselenggarakan pada Kelurahan lainnya,” ujar Katrina.

Camat pun berharap agar masyarakat senantiasa bersinergi dengan Pemerintah Kota Tangerang dan mendukung segala programnya.

Sebagai penutup Camat menirukan slogan  pembawa acara dengan yel- yel, “Jama'ah Akur - Masjid Makmur”  yang disambut serempak oleh jama'ah.

Jika Camat mengucapkan, "Jama'ah Akur " audens pun serempak menjawab, "Masjid Makmur ".

Camat menilai ada dua ibu- ibu yang paling semangat Yel- yelnya dan Camat pun memberikan hadiah uang tunai kepada kedua orang itu.

Acara ini selain membeludaknya yang hadir dan beragam menu makanan yang tersaji juga dimeriahkan oleh Sabit Band dengan lagu- lagu religi di antaranya lagu Tangerang Mengaji dan lagu- lainnya yang diciptakan oleh Sabit Band sendiri.

Dasuki Carera, pimpinan Sabit Band yang menciptakan lagu-lagu sekaligus sebagai vokalis menceritakan: "Bahwa Sabit  adalah singkatan dari: Suara Anak Betawi Tangerang , dan lagu- lagu yang dinyanyikan diciptakan terinspirasi dari mayoritas kehidupan masyarakat kita. Oleh karena, saya lahir di Batusari, Tangerang ini sehingga saya beradaptasi dan mengenal betul karakter dan kehidupan masyarakat kita pada umumnya".

"Sabit Band ini sudah sering tampil dalam acara - acara yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Tangerang dan bahkan ditingkat nasional.  Jadi, saya dan abang saya Bang Daud adalah salah satu anak Batusari yang menggeluti Seni Budaya di kampung kita ini,” ucap Dasuki.

“Dalam wadah ini, selain ada Sabit Band ada  Sanggar Beksi, Kerajinan dan Kuliner khas kampung kita. Saya berharap semoga tetap lestari Seni dan Budaya dan menjadi tradisi dan icon kampung kita," tutur Dasuki.

Acara Lebaran Ketupat bersama DKM Nururrohman yang dimulai pukul 19:30 selesai pada pukul 22.00 WIB. Pada akhir acara pembacaan do'a yang dipimpin oleh ketua DKM Darussalam H. Hasbullah, S. Pd.

Panitia Penyelenggara Ketupat Lebaran 
dari DKM Nururrohman. 
(Foto: Istimewa)  

Apanudin alias Bang Jalu selaku anggota Dewan Kota Tangerang mengatakan: " Bahwa secara umum acara ini cukup meriah dan sukses dan semua menu hidangan yang disajikan memuaskan selera”.

“Dan juga begitu melekat pada substansinya yaitu Halal BI Halal acara seperti ini harus dipertahankan dan diselenggarakan setiap tahunnya," ujar Apanudin.


Lurah Batusari Jariri Sudirja yang didampingi Ketua PAC Pemuda Pancasila Kecamatan Batuceper Bang Lily Chandra dan Ketua RW 05 Bang Anwar Mubarok serta Ketua RW. 04, Bang Gopal Jayadih terlihat cukup ceria.

"Luar biasa acaranya dan sebagai Lurah, saya bangga bahwa di Batusari banyak orang yang memiliki potensi dan visioner. Terbukti malam ini telah lahir di sini budaya terbarukan dengan nama Lebaran Ketupat ini telah menjadi Icon yang membanggakan bagi Kelurahan Batusari dan akan terus dilestarikan," tutur Jariri bertekad.

H. Nuri Muathofa atas nama Ulama setempat, sambil tersenyum gembira mengangkat kedua jempol tangannya dan mengatakan: Sukses !!!

(Penulis: HR Ubay Permana)


 

Post a Comment

0 Comments