Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Usai Shalat Ied, MUI Kota Tangerang Imbau Bermaafan Tak Perlu Berpelukan

KH Baijuri Khoitib. 
(Foto: Istimewa)  



MET - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tangerang KH Baijuri Khotib menerangkan meski tahun ini Majelis Ulama Indonesia dan Pemerintah sudah memperbolehkan melaksanakan Shalat Ied di masjid dan lapangan terbuka, akan tetapi masyarakat harus tetap melaksanakan protokol kesehatan.

"Tetap, kami mengimbau kepada seluruh jamaah untuk tetap menerapkan protokol kesehatan," ujar KH Baijuri Khotib kepada wartawan.

"Seperti apa prokesnya, tetap pakai masker. Kemudian cuci tangan lalu membawa alat shalatnya dari rumah masing – masing. Masjid juga, kita imbau tidak menggelar karpet, kalau untuk shaf Shalat sudah normal kembali," terang KH Baijuri saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (26/4/2022).

KH Baijuri mengimbau usai melaksanakan Shalat Ied, masyarakat yang ingin bermaaf - maafan cukup dengan memberi salam atau meminta maaf dengan merapatkan telapak tangan kita ke dada serta menunduk.

"Pada saat Shalat Idul Fitri selesai biasanya, kita saling bermaaf-maafan satu sama lain atau ketika silaturohim itu cukup sebatas bermushafahahnya itu dengan cakupan tangan   di depan dada sambil menunduk, tidak perlu berpelukan dulu yah apa lagi cipika cipiki, karena kita masih pada masa pandemi," jelas Ketua MUI Kota Tangerang

Pada waktu yang berbeda, Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Tangerang H. Heryanto menyampaikan bahwa DMI Kota Tangerang sudah mempersiapkan masjid untuk melaksanakan Shalat Idul Fitri 1443.

"Kami sudah melakukan bersih - bersih masjid dan mengimbau kepada seluruh DKM di Kota Tangerang untuk mempersiapkan segala sesuatunya dalam menerapkan protokol kesehatan," tutur Heryanto.

"Kami mengintruksikan seluruh DKM untuk menyiapkan Satgas Covid-19 untuk melakukan pengecekan suhu dan mewajibkan jamaah menggunakan masker ketika Shalat," ujarnya.

"Untuk masyarakat diimbau sudah berwudhu dari rumah dan membawa peralatan Shalat masing - masing," tukas Ketua DMI Kota Tangerang. (*/pur)

 

 

 

 

 


 

Post a Comment

0 Comments