Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Kutil Cimone Panen Lele Kesembilan Kali Hingga 700 Kilogram

Warga Cimone saat panen lele.
(Foto: Istimewa) 


NET - Konsisten mengembangkan bantuan ikan lele dari Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang sejak 2020 silam. Kelompok Usaha Ternak Ikan Lele (Kutil) warga Perumahan Cimone Permai, Kelurahan Cimone, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang untuk kesembilan kalinya berhasil panen ikan lele dalam jumlah besar.

Saat panen, Kutil Cimone mengajak jajaran Kelurahan Cimone dan Dinas Ketahanan Pangan (DKP) dengan hasil sekitar 50 kilogram ikan lele. Ketua KIM Kutil Anthony mengungkapkan sampai saat ini Kutil Cimone sudah berhasil panen mencapai 700 kilogram.

“Hasil panen hari ini, kami distribusikan secara gratis ke warga sekitar atau mereka yang membutuhkan. Namun, ada beberapa kilo yang sudah disorder. Jadi, kami jual yang hasilnya diputar kembali untuk proses pembibitan ulang hingga pangan lele,” ungkap Anthony saat panen ikan lele, Senin (4/4/2022).

Anthony menjelaskan Kutil Cimone bukan proses panen saja yang dilakoni. Pasalnya, hingga saat ini sudah ada lima kelurahan yang menjadi binaan Kutil Cimone. Mulai dari Kelurahan; Tajur, Pedurenan, Belendung, Sukaasih, dan Cimone Jaya.

“Sekitar 4.000 bibit lele sudah kita bagikan secara gratis kepada mereka, untuk dikembangkan lebih lanjut. Bukan hanya memberikan bibit gratis, namun Kutil Cimone berusaha melakukan pembinaan secara berkala, komunikasi secara intens sehingga pembagian bibit tak sekadar seremonial semata. Namun, benar-benar ada hasilnya dalam jangka panjang dan dirasakan oleh mereka warga sekitar,” papar Anthony.

Anthony menuturkan Kutil Cimone terbuka untuk umum bagi masyarakat mana pun yang ingin belajar terkait pembibitan atau peternakan ikan lele. “Kami hadir dari bantuan Pemkot Tangerang. Kami pun ingin bisa membantu lainnya. Kita sama-sama belajar yang penting konsisten dan telaten,” katanya.

Sementara itu, Lurah Cimone Ade Fitri Akbar berharap Kutil Cimone dapat terus berkembang untuk kemajuan dan kesejahteraan Kota Tangerang khususnya wilayah Cimone. Bagaimana, Kutil Cimone bisa menjadi pusat pemesanan ikan lele dari seluruh pedagang pecel lele di Jabodetabek.

“Tapi apa saja, baik itu mereka pedagang pecel lele, atau mereka yang sekadar mencari bibit ikan lele itu harus ke Kutil Cimone. Kutil Cimone harus bisa menjadi tempat budidaya ikan lele dengan paket lengkap. Budidaya jalan, edukasi jalan, sosialnya ada, bisnisnya pun jalan. Sehingga menjadi panutan yang lengkap,” harapnya. (*/pur)

Post a Comment

0 Comments