Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Keamanan Saat Warga Mudik Lebaran, Polsek Neglasari Patroli 24 Jam

Kompol Putra Pratama saat berdialog
dengan warga untuk menjaga keamanan.
(Foto: Istimewa)  


NET - Banyaknya rumah kosong dan kontrakan kosong yang ditinggal mudik menjadi salah satu cerita tersendiri karena dapat meningkatkan terjadinya kasus pencurian di lokasi tersebut. Kepolisian tidak hanya bertugas mengamankan arus lalu lintas mudik lebaran saja, namun bertugas mengamankan rumah kosong yang ditinggal oleh pemiliknya mudik.

Kapolsek Neglasari Kompol Putra Pratama menjelaskan jajaran Kepolisan di bawah komandonya meningkatkan upaya pencegahan dengan patroli terfokus karena memiliki data base kejahatan yang terjadi hingga lima tahun ke belakang. Dari data yang ada, dapat diketahui wilayah yang paling rawan terjadi kejahatan hingga kapan waktu paling rawan terjadinya kejahatan.

“Kami memiliki data kejadian kriminalitas di wilayah Neglasari. Data lima tahun ke belakang, kami jadikan bahan analisa dan evaluasi sehingga kami dapat mengetahui wilayah rawan dan waktu rawan terjadinya tindak pidana. Intervensi tindakan kepolisian dapat kami fokuskan ke tempat dan lokasi dari hasil Anev tadi,” ujar Kompol Putra kepada wartawan, Sabtu (30/4/2022).

Polsek Neglasari membagi dua sistem patroli siang dan malam. Patroli siang dilaksanakan oleh personel Polsek Neglasari sembari melakukan dialog dialogis bersama masyarakat untuk bersama-sama waspada mengantisipasi kejahatan di rumah, kosan dan kontrakan kosong yang ditinggal penghuninya mudik. Sedangkan patroli malam dilaksanakan patroli gabungan bersama tiga pilar kecamatan yaitu, Satuan Polisi Pamong Prapa (Satpol PP) Kecamatan, Koramil dan personel Polsek Neglasari.

“Upaya pencegahan, kami lakukan selama 24 jam full dengan personel bergantian dan menggunakan pembagian dua sistem Patroli. Patroli siang, kami laksanakan internal Polsek dengan memberdayakan potensi masyarkat yang ada seperti perangkat RT RW, Satpam, remaja masjid, Pokdarkamtibmas hingga Karang Taruna setempat. Sedangkan patroli malam, kami laksanakan secara gabungan bersama tiga pilar; Kecamatan, Koramil, dan Polsek Neglasari juga melibatkan potensi masyarakat yang ada,” ucap  Kompol Putra.

Bagi personel Polisi Polsek, mudik selalu hanya bisa menjadi mimpi karena memang sudah menjadi tugas dan tanggung jawabnya menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat.

“Tugas pokok Polisi Polsek adalah Harkamtibmas sehingga tidak mungkin polisi Polsek bisa mudik lebaran. Musim mudik ini, kami tetap berupaya maksimal untuk meniadikan segala bentuk gangguan keamanan, menjaga keselamatan jiwa raga dan harta benda masyarakat kami, serta bertugas untuk memelihara perasaan tentram dan damai,” tutur Putra. (*/pur)

Post a Comment

0 Comments